ANALISIS MULTIMODAL PADA BROSUR KEGIATAN BUDAYA DESA WISATA NUSANTARA BANYUMAS
Abstract
Seiring dengan berkembangnya pariwisata di Indonesia, media promosi dari berbagai tempat wisata maupun kegiatan budaya semakin gencar dipublikasikan, salah satunya dalam bentuk brosur. Sebagai ujung tombak untuk menarik para wisatawan, brosur memiliki peranan penting untuk bisa menggambarkan dan menginformasikan mengenai tempat maupun kegiatan yang dipromosikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis multimodalitas yang ada di brosur kegiatan budaya yang dibuat oleh Desa Wisata Nusantara (Dewisnu) Banyumas. Teori yang digunakan untuk menganalisis brosur tersebut yaitu teori Multimodalitas dari Kress dan Leeuwen. Penelitian ini menganalisis aspek-aspek berupa teks, warna dan gambar pada lima brosur kegiatan yang telah dikumpulkan dari tahun 2022 hingga 2023. Temuan dari analisis tersebut memperlihatkan bagaimana berbagai kegiatan budaya di Banyumas direpresentasikan pada brosur yang telah dipublikasikan oleh Dewisnu Banyumas untuk menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.
References
Furnama, S., & Rosa, R. N. (2020). A multimodal analysis of tourism brochures for advertising tourist attraction in Mandeh island, West Sumatra. English Language and Literature, 9(4), 446-457.
Indonesia. Badan Pusat Statistik. Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia Menurut Kebangsaan (Kunjungan), 2021-2022. https://www.bps.go.id/indicator/16/1821/1/jumlah-kunjungan-wisatawan-mancanegara-ke-indonesia-menurut-kebangsaan.html
Ip, J. Y. L. (2008). Analyzing tourism discourse: A case study of a Hong Kong travel brochure. LCOM papers, 1, 1-19.
Jalilifar, A., & Moradi, Y. (2019). Tourism discourse revisited: an analysis of evaluative strategies in tourist brochures from a systemic functional linguistics perspective. Journal of English studies, (17), 211-232.
Kress, G., & van Leeuwen, T. (2006). Reading images: The grammar of visual design (2nd Ed.). London: Routledge.
Pratiwi, E. (2018). Dinamika Kesenian lengger Banyumas pada Tahun 1965-1998. Risalah, 5(4).
Suprakisno. (2015). Analisis multimodal iklan “Indomie”. Jurnal Bahas Unimed, 26(1), 25-26.
Van Leeuwen, T. (2015). Multimodality. (Tannen et. al. Eds.) The handbook of discourse analysis, 447-465.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.