KELAYAKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DIGITAL BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) TINGKAT PEMULA

  • Uki Hares Yulianti Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Lalita Melasarianti Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Nur Indah Sholikhati Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi dan perangkat lunak pendidikan yang interaktif dikemas ke dalam digitalisasi pembelajaran. Saat ini perangkat pembelajaran masih dibuat secara tradisional belum terdigitalisasinya perangkat pembelajaran. Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing atau biasa disingkat BIPA merupakan sebuah program pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia bagi penutur asing. Saat ini masih terbatas perangkat pembelajaran yang sudah terdigitalisasi. Perangkat pembelajaran belum bisa diakses oleh pengajar, pemelajar BIPA seara terbuka. Hal ini dikarenakan belum ada e-learning yang digunakan untuk mendigitalisasi perangkat pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsi kebutuhan pengembangan perangkat pembelajaran digital bahasa Indonesia bagi penutur asing tingkat pemula untuk pembelajar dan pemelajar BIPA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan research & development (R&D). Model penelitian yang digunakan mengacu pada desain model yang dikembangkan oleh Borg & Gall (1983, p.775) dengan 10 langkah, yang disederhanakan peneliti menjadi 4 langkah/tahapan yaitu: (1) tahap studi pendahuluan, (2) tahap perencanaan pengembangan, (3) tahap uji coba, evaluasi, revisi, dan (4) tahap implementasi. Upaya kebutuhan penelitian ini disesuaikan dengan tujuan dan kondisi penelitian yang sebenarnya. Hasil observasi, wawancara, pengisian angket, dan FGD (Focus Group Discusion). Hasil dari penelitian: 1) kebutuhan pengembangan perangkat pembelajaran digital bahasa Indonesia bagi penutur asing tingkat pemula, dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP, sumber belajar, instrumen dan penilaian. Kelayakan kebutuhan dari hasil angket yang disebarkan menyatakan sangat diperlukannya perangkat pembelajaran yang terdigitalisasi. Perangkat pembelajaran digitalisasi nantinya dapat digunakan baik pengajar maupun pemelajar BIPA dimanapun dan kapanpun.

References

Hamzah, Amir. Metode Penelitian & Pengembangan Penelitian & Pengembangan . Batu: Literasi Nusantara, 2020.
jendelakemdibud.go.id. “Digitalisasi Sekolah Akan Mampu Tingkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa.” https://jendela.kemdikbud.go.id/v2/fokus/detail/digitalisasi- sekolah-akan-mampu-tingkatkan-kualitas-pembelajaran-siswa. (Diunduh 2
Desember 2022), 2022
Kusmiatun, A., Suyitno, I., HS, Widodo., & Basuki, IA. “Identifying Features of Indonesian for Speakers of Other Languages (BIPA) Learning for Academic Purposes.” International Journal of Social Sciences & Educational. (2017)
Faznur, Lutfi Syauki , Ahmad Fadly, dan Fadhia Alfiana Nufus . “ Pengembangan Buku Digital BIPA Berbasis Nilai Moderasi Islam.” Jurnal Pena Literasi . Jilid. 4, No.2. (2021).
Muliastuti, Liliana. BIPA Pendukung Internasionalisasi Bahasa Indonesia. Makalah disajikan pada seminar Nasional Politik Bahasa di Universitas Tidar Magelang. Magelang: Untidar, 2016
Murtiansih, Andayani, dan Muhammad Rohmadi. Text Book As a Java Culture Recognıtıon Medıa in Indonesıan Learnıng For Foreıgn Speaker (BIPA) in Sebelas Maret University. International Journal of Educational Research Review, Vol 4, Issue 3, hal 427-434. (2019)
Muzaki, Lubis, Slamin, dan Dafik. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Metode Guided Discovery Learning Berbantuan E-Learning Dengan Aplikasi Atutor Pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII SMP.” Jurnal Pancaran, Vol. 3, No. 2, hal 25-34. (2014).
Nurchaili. “Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Digital Perangkat Pembelajaran Guru 4.0.” Madaris: Jurnal Guru Inovatif , Volume 1, Nomor 1, hal: 12-23. (2020).
Sanjaya, W. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group, 2006.
Saddhono, K. Manajemen kelas multikultural dalam pembelajaran Bahasa Indonresia bagi Penutur Asing (BIPA) di Indonesia. In Conference on Language and Language Teaching (pp. 561-567), 2017.
Septriani , H. Pemanfaatan Media Digital G Suite Untuk Pendidikan dalam Pembelajaran BIPA Jarak Jauh di University Of Vienna. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 3(1), 70–77. (2021).

Suyitno, I. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan Belajar. Wacana Journal, 9 (1), pp. 62-78. (2007).
Suyitno, I., Susanto, G., Kamal, M., dan Fawzy, A. Cognitive Learning Strategy of BIPA Students in Learning the Indonesian Language. IAFOR Journal of Language Learning Volume 3–Issue 2–Winter 2017, 175-190. (2017b).
Yusuf, Iyus . “ Capaian Keberhasilan BIPA Meningkatkan Fungsi Bahasa Indonesia di Kancah Dunia ”. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/09/capaian- keberhasilan-bipa-Tingkatkan-fungsi-bahasa-indonesia-di-kancah-dunia . ( Diunduh 29 September 2022), 2021
Published
2024-01-16
How to Cite
YULIANTI, Uki Hares; MELASARIANTI, Lalita; SHOLIKHATI, Nur Indah. KELAYAKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DIGITAL BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) TINGKAT PEMULA. Prosiding Seminar Nasonal LPPM UNSOED, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 34-55, jan. 2024. ISSN 2985-9042. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/10426>. Date accessed: 23 feb. 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.