PELATIHAN ANALISIS MOLEKULER PADA HEWAN DENGAN MARKA RAPD UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU BIOLOGI SMA/MA KABUPATEN BANYUMAS
Abstract
Penguasaan materi pembelajaran menjadi salah satu modal bagi seorang guru, karena sangat mendukung kompetensinya. Salah satu materi pembelajaran biologi di SMA adalah tentang Biosistematika Hewan, yang diantaranya mengajarkan tentang keragaman genetik. Pemahaman topik tersebut perlu didukung dengan pemahaman dan keterampilan pendidik dalam melakukan analisis molekuler. Tetapi kemampuan tersebut masih belum dikuasai oleh seluruh guru biologi yang tergabung dalam MGMP Biologi di Kabupaten Banyumas, sehingga atas permintaan kelompok tersebut akan dilakukan pelatihan, agar tugas pokok dan fungsinya tercapai. Pelatihan analisis molekuler dengan marka RAPD untuk MGMP Biologi di Kabupaten Banyumas ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SMA dalam bidang biologi molekuler, guna mendukung pelaksanaan penelitian yang dilakukan oleh guru serta pembelajaran Biosistematik. Metode yang diterapkan adalah partisipatif, yang meliputi persiapan, pelaksanaan pelatihan dan evaluasi kegiatan. Hasilnya menunjukkan bahwa kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Peserta pelatihan sangat antusias selama mengikuti penyampaian materi maupun praktik di laboratorium. Selain itu, juga meningkat pengetahuan dan keterampilannya dalam melakukan karakterisasi molekuler pada ikan. Berkat terselenggaranya pelatihan ini, telah ditandatangani Perjanjian Kerjasama antara Fakultas Biologi dengan MGMP Biologi Kabupaten Banyumas
References
Arif, I. A. & Khan, H. A., 2009. Molecular markers for biodiversity analysis of wildlife animals: a brief review. Animal Biodiversity and Conservation, 32.1: 9– 17.
Arnyana, IBP.2007. “Penerapan Model PBL Pada Pelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2006/2007”, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA (40)2, h. 233.
Chinnappareddy, L. R. D., Khandagale, K., Chennareddy, A., & Ramappa, V. G. (2013). Molecular markers in the improvement of Allium crops. Czech Journal of Genetics and Plant Breeding, 49(4): 131-139
Ciechanowska, D. 2010. Teacher Competence And Its Importance In Academic Education For Prospective Teachers. General And Profesional Education Vol. 1. http://genproedu.com/paper/2010-01/full_100- 120.pdf
Felsenstein, J., 1981. Evolutionary trees from DNA sequences: a maximum likelihood approach. Journal of molecular evolution, 17(6), pp.368-376.
Gilbert, J., K. 2010. “Supporting The Development Of Effective Science Teachers” dalam Osborne, J. & Dillon, J. (Ed.), Good Practice In Science Teaching; What Research Has To Say London: Open University Press
Irmawati, Parawansa BS, Malina AC, Tassakka A, Baharuddin M, Larekeng SH. Keragaman Genetik Ikan Kakap Putih Tipe Liar dan Domestikasi Menggunakan Metode RAPD. Journal Fisheries and Marine Research. Indonesian. 2021;5(1): 99–105.
Kunandar. 2011. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Kusbiyanto, Bhagawati, D., and Nuryanto, A. 2020. DNA Barcoding of Crustacean Larvae in Segara Anakan, Cilacap, Central Java, Indonesia using Cytochrome C Oxidase Gene. Biodiversitas 21 (10): 4878-4887. DOI: 10.13057/biodiv/d211054.
Nei, M. and Kumar, S., 2000. Molecular evolution and phylogenetics. Oxford university press.
Nuryanto, A., Bhagawati, D., and Rofiqoh, A.A. 2023. Barcoding of Sparidae Collected During East Monsoon Season in the Eastern Indian Ocean South Of Java, Indonesia. AACL Bioflux 16(2): 805-817.
Nuryanto, A., Komalawati, N., and Sugiharto. 2019. Genetic Diversity Assessment of Hemibagrus nemurus from Rivers in Java Island, Indonesia using COI Gene. Biodiversitas 20(9): 2707-2717.
Setiawan, IGAN.2008. “Penerapan Pengajaran Konstektual Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Laboraotorium Singaraja”, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, (2)1:.42-43.
Treagust, D. F., Won, M., Wynne, G., & Petersen, J. 2015. Science Teacher Education in Australia: Initiatives and Challenges to Improve the Quality of Teaching. J Sci Teacher Educ, 26: 81-98
Yuwono, T. 2006. Teori dan Aplikasi Polymerase Chain Reaction. Andi. Yogyakarta, p. 1-3; 18- 21.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.