TRANSFORMASI DAYA SAING MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING MENGGUNAKAN MARKETPLACE BERBASIS E-COMMERCE BAGI PELAKU UMKM DESA SIDAKANGEN
Abstract
Pemasaran produk di era teknologi yang berkembang pesat ini menjadikan hilangnya batas ruang dan waktu antara penjual dan pembeli untuk saling bertransaksi. Peluang mendapatkan pangsa pasar yang besar menjadi sama antara orang yang tinggal di kota besar dengan yang tinggal di desa terpencil sekalipun. Ini merupakan kesempatan besar dalam mengembangkan perekonomian masyarakat desa dengan memberdayakan semua potensi sumber daya dari setiap daerahnya masing-masing. Kabupaten Purbalingga merupakan kabupaten ke-empat dengan tingkat kemiskinan terendah di Jawa Tengah di mana Jawa Tengah sendiri merupakan provinsi dengan tingkat kemiskinan terendah ke-dua di pulau Jawa. Untuk itu perlu dilakukan pemberdayaan secara terstruktur dalam memanfaatkan peluang dari pesatnya perkembangan teknologi yang bisa dilakukan oleh masyarakat perdesaan. Sebagai langkah awal dalam menangkap peluang tersebut, tim pengabdi melaksanakan kegiatan kemasyarakatan berupa pelatihan dan pendampingan bagi pelaku UMKM di lingkungan RT 8/4 Desa Sidakangen Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga untuk mengenalkan metode penjualan barang dan jasa melalui e-commerce sebagai upaya menggali potensi usaha dengan menggunakan 2 platform e-commerce yaitu shopee untuk penjualan barang dan fiverr untuk penjualan jasa. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini adalah peserta pelatihan baik pelaku UMKM maupun masyarakat umum bertambah wawasannya mengenai penjualan barang dan jasa di marketplace, dapat melakukan riset terhadap demand sebuah barang/jasa, dan mendaftarkan diri sebagai penjual di e-commerce.
References
Diakses tanggal 17 November 2023 BPS Provinsi Jawa Tengah
LIPI. 2019. Konsep Desa E-Commerce untuk Peningkatan Daya Saing Ekonomi. http://lipi.go.id/berita/Konsep-Desa-E-Commerce-untuk-Peningkatan-Daya-Saing-Ekonomi/21904 (diakses 22 November 2022)
Nurdian, G. 2022. Data E-commerce Indonesia 2022. https://grahanurdian.com/data-e-commerce-indonesia-2022/ (diakses 22 November 2022)
Rahmidani, R. 2015. Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan. Jurnal SNEMA, Padang-Indonesia, pp. 344-352.
Waliyati, E., Lestariana, D.S., Sutarni, N. 2021. Pentingnya E-Commercebagi Umkm Pada Masa Pandemi di Rt. 03 Kampung Surodadi, Siswodipuran, Boyolali. JURNAL ABDIKMAS Vol. 1 No. 2

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.