Analisis Profesionalisme Guru Akuntansi dan Keuangan Lembaga Pada Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di SMK Negeri Bringin
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan tingkat profesionalisme guru akuntansi dan keuangan lembaga meliputi : a) kompetensi pedagogik; b) kompetensi kepribadian; c) kompetensi profesional, dan d) kompetensi sosial pada pelaksanaan kurikullum 2013 di SMK Negeri 1 Bringin. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Bringin pada jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga, khususnya kepada guru produktif akuntansi dan keuangan lembaga sejumlah 4 orang. Akan tetapi salah seorang guru bertindak sebagai peneliti. Sehinggga dalam pelaksaan penelitian ini, aspek yang diteliti berjumlah tiga orang. Pemilihan sampel ini, dianggap peneliti telah mewakili seluruh aspek yang diharapkan oleh penulis. Penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti dalam hal ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan sudut padang secara perspektif dari pengamatan suatu fenomena sosial dan kemampuan untuk memahaminya. penelitian ini, peneliti langsung melakukan studi kelapangan, wawancara, Dokumentasi guna memperoleh data yang relevan dengan subjek yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif terhadap efektivitas pembelajaran dengan latar belakang pendidikan sesuai maupun tidak sesuai, (2) Kompetensi kepribadian dalam pelaksanaannya, dituntut untuk menjunjung tinggi kode etik guru, (3) kompetensi guru dalam pengelolaan pembelajaran, strategi profesional guru dan evaluasi pembelajaran dapat meningkatkan mutu pendidikan, (4) kompetensi sosial dapat mempengaruhi profesionalitas bekerja.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.