FINTECH DAN E COMMERCE UNTUK MENDORONG PERTUMBUHAN UMKM DAN INDUSTRI KREATIF

  • Nefo Indra Nizar Universitas Pamulang
  • Iman Lubis Universitas Pamulang

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk menggali lebih dalam mengenai peran fintech  dan e-commerce terhadap pertumbuhan UMKM dan Industri Kreatif melalui penilaian e-bisnis model pada Modalku dan Blanja .com dalam mendorong pertumbuhan UMKM dan industry kreatif. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan melakukan beberapa paparan mengenai kebijakan, prosedur, pelaksanaan dan evaluasi untuk platform Modalku (fintech) dan Blanja.com (e-commerce). Hasil yang didapat adalah kebijakan pemerintah mendukung dan mempermudah terbentuknya platform fintech dan e-commerce, prosedur perusahaan yang menjaga kerahasiaan dan keamanan untuk e-commerce dan kepastian hukum di fintech  mendukung amannya penggunaan platform tersebut. Pelaksanaan yang dilakukan yang diukur dengan empat kriteria yaitu infrastructure management, product innovation, customer relationship, dan financial aspect sangat membantu UMKM dan Industri kreatif untuk mendapatkan dana dan menyalurkan produk ke pasar.

References

Blanja.com. n.d. Retrieved 08 22, 2019, from Blanja.com website: https://marketing.co.id/marketplace-kolaborasi-telkom-dan-ebay/

Blanja.com. n.d.. Retrieved 09 22, 2019, Blanja.com Website: https://www.blanja.com/help/questionlist-45-0

Indonesia.n.d.. PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 74 TAHUN 2017 TENTANG PETA JALAN SISTEM PERDAGANGAN NASIONAL BERBASIS ELEKTRONIK (ROAD MAP E-COMMERCE) TAHUN 2017-2019. Retrieved 09 22, 2019, from Kemenkeu Website: https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2017/74TAHUN2017PERPRES.pdf

KPMG. 2018. The Fintech Edge First Edition: Peer-to-Peer Lending. Kpmg.com/id, KPMG Siddharta Advisory
Modalku. n.d. Retrieved 09 22, 2019, Modalku Website: https://modalku.co.id/
Modalku. n.d.. Retrieved 09 22, 2019, Modalku Website: https://modalku.co.id/about-us
Nizar, N.I. 2017. Analisis Model Bisnis Dan Strategi Perusahaan Start Up E-Commerce Studi Kasus Pada Gerobakonline.Com, Jurnal Mandiri, J. Mandiri., Vol. 1, No. 1, Juni 2017 (99 - 113), ©2017 Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat (LKD-PM)
Okezone .n.d. Retrieved 08 30, 2019, from Okezone Website: https://economy.okezone.com/read/2019/03/26/320/2035162/ojk-fintech-salurkan-pembiayaan-ke-umkm-tembus-rp25-9-triliun

Osterwarder, A. Pigneur, Y. 2002. An e-Business Model, Ontology for Modeling e-Business, 15th Bled Electronic Commerce Conference, Bled, Slovenia, June 17 - 19, 2002

Osterwarder, A. Pigneur, Y. 2009. Business Model Generation, Self Published. The Netherlands: Modderman Drukwerk Amsterdam.

PwC Indonesia. 2019. Indonesia’s Fintech Lending: Driving Economic Growth Through Financial Inclusion. Retrieved 09 01, 2019, from Website: www.pwc.com/id/fintech-lending
Radio Elshinta. n.d.. Retrieved 09 26, 2019, from Elshinta Website: https://elshinta.com/news/154365/2018/08/30/ada-16-subsektor-ekonomi-kreatif-apa-sajakah-itu
Published
2020-08-13
How to Cite
NIZAR, Nefo Indra; LUBIS, Iman. FINTECH DAN E COMMERCE UNTUK MENDORONG PERTUMBUHAN UMKM DAN INDUSTRI KREATIF. SAR (Soedirman Accounting Review) : Journal of Accounting and Business, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 18-39, aug. 2020. ISSN 2598-0718. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/sar/article/view/3140>. Date accessed: 09 may 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.sar.2020.5.1.3140.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.