Pengenalan Smart Farming melalui Pembuatan Green House di Kelompok Tani Berkah Amerta Agung Desa Pamijen

  • Najmah Istikaanah

Abstract

Pemerintah Kabupaten/Kota dan/atau Pemerintah Desa mendorong keikutsertaan masyarakat dalam penyelenggaraan ketahanan pangan, dalam hal ini adalah pertanian. Makna ketahanan pangan tidak selalu diartikan dengan menanam padi. Dengan demikian sangat diperlukan adanya inovasi pertanian.


Greenhouse merupakan salah satu metode bertani smart farming, yaitu sebuah bangunan yang diciptakan untuk melindungi tanaman dari cuaca yang berlebihan. Tahapan pembangunan greenhouse: (1) Menentukan lokasi dan ukuran greenhouse; (2) Membuat kerangka greenhouse model Tunnel; (3) Menutup atap menggunakan plastik Ultraviolet (UV); (4) Membuat pintu dan penutup disekeliling greenhouse. Kerangka greenhouse menggunakan bambu, penutup keliling greenhouse manggunakan screen plastik.


           Kegiatan Pengabdian ini adalah pengenalan smart farming melalui pendirian green house. Metode yang dilaksanakan melalui sosialisasi dan penyuluhan mengenai smart farming dan  kemudian dilanjutkan dengan praktek bertanam melon pada bangunan green house yang difasilitasi oleh tim. Selanjutnya untuk memasarkan hasil buah melon diadakan kegiatan Wisata Petik Melon yang boleh dikunjungi oleh masayarakat luas.. Kegiatan  pengabdian ini memperlihatkan  bahwa menanam melon pada green house juga memiliki keunggulan  dimana hasil  yang  diperoleh  bisa  meningkatkan  ketahanan  pangan masyarakat. Bahkan  jika  jumlah  panen  berlebih,  hasilnya dapat   dijual dengan pemasaran yang lebih luas lagi sebagai   sumber   pendapatan   alternatif   bagi masyarakat.

Published
2023-11-13
How to Cite
ISTIKAANAH, Najmah. Pengenalan Smart Farming melalui Pembuatan Green House di Kelompok Tani Berkah Amerta Agung Desa Pamijen. Jurnal Serambi Abdimas, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 188-191, nov. 2023. ISSN 2723-4738. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/sa/article/view/9293>. Date accessed: 30 may 2024. doi: https://doi.org/10.20884/sa.v4i2.9293.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.