Pelatihan Teknis Pembuatan KIT Praktikum Listrik Dinamis sebagai Sarana Penunjang Pembelajaran Fisika di SMA Boarding School Putra Harapan Purwokerto

  • Muhammad Sehah Universitas Jenderal Soedirman
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.20884/sa.v4i2.9240

Abstrak

Kegiatan Pelatihan Teknis Pembuatan Komponen Instrumen Terpadu (KIT) Praktikum Listrik Dinamis sebagai Sarana Penunjang Pembelajaran Fisika di SMA Boarding School Putra Harapan Purwokerto telah dilaksanakan. Tujuan kegiatan adalah memberikan pelatihan teknis bagi guru Fisika dan peserta didik di SMA Boarding School Putra Harapan agar dapat mendesain dan merealisasikan KIT Praktikum Listrik Dinamis. Manfaat yang diharapkan adalah meningkatnya kemampuan dan ketrampilan guru dan peserta didik dalam mendesain dan merealisasikan KIT Praktikum Listrik Dinamis dari bahan yang mudah diperoleh di pasaran. Setelah pelatihan teknis dan realisasi KIT Praktikum Listrik Dinamis, observasi dilakukan menggunakan kuisioner. Hasil observasi menunjukkan bahwa sebagian besar peserta memberikan respon positif terhadap kegiatan pelatihan teknis. Hal ini ditunjukkan dari capaian rata-rata keberhasilan kegiatan sebesar 79,40%; dengan capaian tertinggi sebesar 89,66% berupa dukungan pemberian seperangkat KIT Praktikum Listrik Dinamis dari tim dosen kepada SMA Boarding School Putra Harapan; dan capaian terendah sebesar 66,67% berupa kesediaan peserta kegiatan untuk merealisasikan KIT Praktikum Fisika secara mandiri. Faktor yang menghambat kegiatan pelatihan ini adalah belum adanya laboratorium yang menopang pelaksanaan praktikum bagi peserta didik serta kurangnya ketrampilan guru dalam merealisasikan KIT Praktikum Fisika.

Diterbitkan
2023-11-13
##submission.howToCite##
SEHAH, Muhammad. Pelatihan Teknis Pembuatan KIT Praktikum Listrik Dinamis sebagai Sarana Penunjang Pembelajaran Fisika di SMA Boarding School Putra Harapan Purwokerto. Jurnal Serambi Abdimas, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 192-197, nov. 2023. ISSN 2723-4738. Tersedia pada: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/sa/article/view/9240>. Tanggal Akses: 09 may 2025 doi: https://doi.org/10.20884/sa.v4i2.9240.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##