Peran Kader dalam Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil mengenai Penggunaan Obat yang Aman di Desa Karangnanas, Sokaraja

  • Nialiana Endah Endriastuti

Abstract

Selama proses kehamilan berlangsung tidak menutup kemungkinan untuk seorang ibu akan mengalami masalah yang dapat berpengaruh pada proses kehamilannya maupun proses persalinannya. Karena gangguan tersebut, maka itu ibu hamil mengalami rasa tidak nyaman yang membutuhkan pengobatan. Beberapa obat dapat melintasi plasenta sehingga janin dapat terpapar yang menimbulkan efek farmakologi maupun efek teratogenik. Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan obat pada ibu hamil serta mengoptimalkan peran kader posyandu sebagai promotor penggerak dalam bidang kesehatan melalui metode focus group discussion (FGD). Setiap kelompok diberikan edukasi oleh kader posyandu yang sebelumnya telah dibekali oleh apoteker. Hasil tingkat pengetahuan dari 45 responden menunjukkan paling banyak berkategori baik (n=27; 60%) dan meningkat setelah diberikan edukasi (n=43; 93%). Semakin tinggi peningkatan pengetahuan ibu hamil semakin baik untuk kehidupan selanjutnya jadi lebih memahami tentang penggobatan yang aman. Pengetahuan ibu hamil mengalami peningkatan secara bermakna setelah diberikan edukasi oleh kader (p=0,047). Secara keseluruhan, pengabdian ini telah berhasil meningkatkan pengetahuan ibu hamil dalam penggunaan obat yang aman.

Published
2023-11-02
How to Cite
ENDRIASTUTI, Nialiana Endah. Peran Kader dalam Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil mengenai Penggunaan Obat yang Aman di Desa Karangnanas, Sokaraja. Jurnal Serambi Abdimas, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 184-187, nov. 2023. ISSN 2723-4738. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/sa/article/view/8561>. Date accessed: 30 may 2024. doi: https://doi.org/10.20884/sa.v4i2.8561.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.