Peningkatan Keterampilan Pengembangan Rencana Pembelajaran Semester di STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya

  • Ebni Sholikhah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Lorensius Hendrowibowo Universitas Negeri Yogyakarta
  • Mami Hajaroh Universitas Negeri Yogyakarta
  • Lusila Andriani Purwastuti Universitas Negeri Yogyakarta
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.20884/1.sa.2023.4.1.7841

Abstrak

Salah satu perangkat pembelajaran yang harus disiapkan dosen adalah RPS. RPS yang baik wajib ditinjau dan diperbaharui secara berkala sesuai capaian pembelajaran lulusan. Perubahan kurikulum Pendidikan tinggi menjadi kurikulum merdeka menuntut adanya pembaruan RPS berbasis outcome. Akan tetapi di STKIP Bina Insan Mandiri, masih ditemukan RPS yang belum memenuhi unsur-unsur RPS berbasis outcome. Oleh karenanya perlu peningkatan kompetensi pedagogis dosen dalam pengembangan perangkat pembelajaran berupa RPS. Artikel ini mendeskripsikan peningkatan kemampuan dosen STKIP Bina Insan Mandiri dalam mengembangkan RPS melalui workshop. Pelatihan dilaksanakan dengan dua kali pertemuan secara daring dan luring. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa kemampuan peserta workshop dalam menyusun RPS lebih optimal daripada sebelumnya. Peserta mampu memperbaharui kembali RPSnya sesuai unsur-unsur yang tertera pada SN-DIKTI. Peserta juga menunjukkan respon positif terhadap proses workshop melalui angket evaluasi yang dibagikan dengan rata-rata nilai 3.87 dari skala 4. Berdasarkan evaluasi tersebut, pelatihan dapat ditindaklanjuti dengan menyelenggarakan workshop untuk mengembangkan perangkat pembelajaran lain seperti instrument evaluasi, media, dan bahan pembelajaran.

Diterbitkan
2023-06-15
##submission.howToCite##
SHOLIKHAH, Ebni et al. Peningkatan Keterampilan Pengembangan Rencana Pembelajaran Semester di STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya. Jurnal Serambi Abdimas, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 178 - 183, june 2023. ISSN 2723-4738. Tersedia pada: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/sa/article/view/7841>. Tanggal Akses: 01 july 2025 doi: https://doi.org/10.20884/1.sa.2023.4.1.7841.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##