Peningkatan Pengetahuan Tentang Pemasaran Online Bagi Pelaku Kerajinan Anyaman Tas Di Kabupaten Jember

Peningkatan Pengetahuan Tentang Pemasaran Online Bagi Pelaku Kerajinan Anyaman Tas di Kabupaten Jember

  • Wahyu Nur Achmadin Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Zuwidatul Masruroh
  • Audia Dwi Retno Wulandari

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan jumlah penjualan hasil produksi anyaman tas secara online. Sistem penjualan selama ini adalah dengan menitipkan produk dengan jumlah tertentu di toko-toko kecil yang ada di lingkungan sekitar pengrajin dan menjual langsung di pasar tempat pengrajin berdagang. Oleh karena itu, pemecahan masalah yang tepat diperlukan untuk meningkatkan pemasaran, yakni peningkatan pengetahuan para pelaku kerajinan dalam pemasaran online. Ceramah pelatihan dan pendekatan individual kepada pengrajin anyaman tas merupakan salah satu dari beberapa metode yang digunakan. Para peserta pengrajin anyaman tas khususnya sangat antusias dalam mengikuti pelatihan yang diberikan dalam pelaksanaan kegiatan. Hal tersebut dikarenakan kesadaran para pelaku kerajinan anyaman untuk meningkatkan pemasaran secara online dan sekaligus meningkatkan perekonomian mereka. Selain peningkatan pengetahuan secara teori dan praktik, para pelaku kerajinan anyaman tas juga diberikan pelatihan motivasi guna meningkatkan mentalitas mereka dalam berbisnis melalui online. Kegiatan ini memberikan kontribusi bagi peningkatan pengetahuan pelaku kerajinan anyaman tas dalam pemasaran online.

Published
2023-01-10
How to Cite
ACHMADIN, Wahyu Nur; MASRUROH, Zuwidatul; WULANDARI, Audia Dwi Retno. Peningkatan Pengetahuan Tentang Pemasaran Online Bagi Pelaku Kerajinan Anyaman Tas Di Kabupaten Jember. Jurnal Serambi Abdimas, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 146-149, jan. 2023. ISSN 2723-4738. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/sa/article/view/7070>. Date accessed: 25 july 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.sa.2022.3.2.7070.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.