Pengembangan Kreativitas dan Pengenalan Hewan Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Kolase Dengan Media Biji-Bijian
Abstract
TK Ngestirini merupakan salah satu lembaga pendidikan di Yogyakarta dengan tujuan untuk mengembangkan motorik anak dengan media kolase biji bijian. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana kegiatan kolase yang menggunakan biji-bijian dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini serta memperkenalkan mereka pada berbagai jenis hewan. Kegiatan kolase diharapkan menjadi metode pembelajaran yang inovatif, tidak hanya merangsang kreativitas, tetapi juga mendukung perkembangan keterampilan motorik halus anak-anak. Kegiatan kolase dengan biji-bijian memberikan kesempatan bagi anak untuk berkreasi dan mengekspresikan imajinasi mereka. Melalui kegiatan ini, anak-anak belajar mengenal bentuk, warna, dan tekstur dari biji-bijian yang digunakan, sekaligus mengenali berbagai hewan yang dapat dipresentasikan dalam karya kolase mereka. Metode pembelajaran ini bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan, sehingga anak-anak lebih mudah terlibat dan termotivasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kolase membantu anak-anak menjadi lebih kreatif sehingga dapat belajar banyak tentang hewan dan lingkungan sekitar. Dengan demikian, kegiatan ini dapat dianggap sebagai strategi efektif pada pembelajaran untuk anak usia dini yang mendukung perkembangan holistik anak melalui eksplorasi seni dan pengetahuan.



