Pelatihan Pemanfaatan Artificial Itelligence dalam Pembelajaran Pada Guru SMA di Kabupaten Batanghari
-
Abstract
Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman guru tentang potensi artifisial intelligence dalam pendidikan serta memberikan keterampilan praktis dalam menggunakan alat dan sumber daya artifisial intelligence dalam perencanaan pembelajaran. Metode pelaksanaan pelatihan dilakukan sebanyak empat tahapan antara lain persiapan dan perencanaan, pelaksanaan pelatihan, evaluasi pelaksanaan, dan pelaporan serta refleksi. Peserta pelatihan adalah guru-guru SMA di Kabupaten Batanghari. Hasil pretest menunjukkan bahwa para guru telah mengenal pemanfaatan artifisial intelligence dalam perencanaan pembelajaran, keberminatan untuk menggunakan artifisial intelligence, dan masih belum dapat untuk mempelajari pemanfaatan AI. Hasil posttest menunjukkan bahwa mayoritas para guru telah telah mengetahui pemanfaatan peggunaan AI, cara penggunaan AI secara praktik, dan sangat berminat dalam mengimplementasikan AI dalam perencanaan pembelajaran. Dengan demikin pelatihan ini mampu untuk memberikan pemahaman guru dan mengimplementasi pemanfaatan AI dalam merancang perencanaan pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru agar relevan dengan era saat ini.