Pembuatan dan Pengenalan PLTS sebagai Alat Peraga di SMPIT Harapan Bunda Purwokerto

  • Mukhtar Effendi
  • Hartono Hartono
  • Farzand Abdullatif

Abstract

Pembuatan alat peraga dapat digunakan untuk membantu proses belajar mengajar. PLTS sebagai alat peraga untuk pembelajaran berbasis projek Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sudah berhasil dibuat dan dikenalkan di SMPIT Harapan Bunda Purwokerto. Kegiatan ini bertujuan melakukan sosialisasi dan implementasi terkait konversi energi baru terbarukan. Konversi energi yang dilakukan adalah dari energi matahari menjadi energi listrik. Produk yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah modul PLTS yang dapat digunakan sebagai peraga dalam melaksanakan Project Based Learning.Alat peraga digunakan untuk membantu menjelaskan materi yang berhubungan dengan sifat kelistrikan dan energi baru terbarukan. Pengenalan alat peraga dilakukan terhadap 39 siswa dan beberapa guru. Pemantauan respon siswa terhadap penggunaan alat peraga dilakukan menggunakan kuisioner. Respon siswa 99% menyatakan alat peraga membantu pemahaman siswa, 75% siswa menyatakan alat peraga relevan dengan materi pembelajaran,  94% siswa menyatakan alat peraga dapat meningkatkan minat belajar, 98% menyatakan dapat memicu kreativitas dan 88% siswa menyatakan perlu pembuatan alat peraga yang lain.

Published
2024-11-07
How to Cite
EFFENDI, Mukhtar; HARTONO, Hartono; ABDULLATIF, Farzand. Pembuatan dan Pengenalan PLTS sebagai Alat Peraga di SMPIT Harapan Bunda Purwokerto. Jurnal Serambi Abdimas, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 17-19, nov. 2024. ISSN 2723-4738. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/sa/article/view/13176>. Date accessed: 13 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.sa.2024.5.2.13176.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.