Pembuatan dan Pengenalan PLTS sebagai Alat Peraga di SMPIT Harapan Bunda Purwokerto
Abstract
Pembuatan alat peraga dapat digunakan untuk membantu proses belajar mengajar. PLTS sebagai alat peraga untuk pembelajaran berbasis projek Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sudah berhasil dibuat dan dikenalkan di SMPIT Harapan Bunda Purwokerto. Kegiatan ini bertujuan melakukan sosialisasi dan implementasi terkait konversi energi baru terbarukan. Konversi energi yang dilakukan adalah dari energi matahari menjadi energi listrik. Produk yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah modul PLTS yang dapat digunakan sebagai peraga dalam melaksanakan Project Based Learning.Alat peraga digunakan untuk membantu menjelaskan materi yang berhubungan dengan sifat kelistrikan dan energi baru terbarukan. Pengenalan alat peraga dilakukan terhadap 39 siswa dan beberapa guru. Pemantauan respon siswa terhadap penggunaan alat peraga dilakukan menggunakan kuisioner. Respon siswa 99% menyatakan alat peraga membantu pemahaman siswa, 75% siswa menyatakan alat peraga relevan dengan materi pembelajaran, 94% siswa menyatakan alat peraga dapat meningkatkan minat belajar, 98% menyatakan dapat memicu kreativitas dan 88% siswa menyatakan perlu pembuatan alat peraga yang lain.