Meningkatkan Kinerja Pemasaran : Pengaruh Orientasi Kewirausahaan melalui Penggunaan Media Sosial dan Kemampuan Inovatif sebagai Variabel Moderasi

Main Article Content

Sulasih Sulasih Ida Puspitarini Wahyuningtyas Selamah Maamor Khairunnisa Dwinalida

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orientasi kewirausahaan pada penggunaan media sosial dan kinerja pemasaran dengan kemampuan inovatif sebagai variabel moderasi pada usaha skala mikro di Kabupaten Banyumas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan slovin dengan jumlah 100 sampel dan pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam hal ini penelitian adalah analisis partial least square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran untuk nilai path koefisien 0,401 dan sig. 0,000, begitu juga orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap penggunaan media sosial 0,567 dan sig. 0,000. Penggunaan media sosial berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran 0,389 dan sig. 0,001, sedangkan kemampuan inovatif  berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran 0,352 dan sig. 0.001. Penggunaan media sosial memediasi secara partial pengaruh orientasi kewirausahaan pada kinerja pemasaran 0,645 dan sig. 0.000. Mediasi dalam model penelitian ini bersifat parsial, dengan kata lain, penggunaan media sosial memiliki fungsi untuk menjembatani atau menengahi pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Namun, karena karakteristik mediasinya partial, bahkan tanpa variabel penggunaan media sosial, orientasi kewirausahaan masih mampu mempengaruhi kinerja pemasaran secara positif dan signifikan. Hasil ini menegaskan bahwa orientasi kewirausahaan dapat meningkatkan dan memperkuat penggunaan media sosial oleh para pelaku usaha skala mikro di Banyumas, yang juga akan berdampak pada peningkatan kinerja bisnis. Lebih lanjut, hasil menunjukkan bahwa kemampuan inovatif tidak memoderasi antara penggunaan media sosial dengan kinerja pemasaran -0,078 dan nilai sig. 0,430, hal ini bisa dimaknai bahwa kemampuan inovatif pelaku usaha skala mikro masih rendah dalam penggunaan media sosial dan pengaruhnya terhadap kinerja pemasaran.

Article Details

How to Cite
SULASIH, Sulasih et al. Meningkatkan Kinerja Pemasaran : Pengaruh Orientasi Kewirausahaan melalui Penggunaan Media Sosial dan Kemampuan Inovatif sebagai Variabel Moderasi. Performance: Jurnal Personalia, Financial, Operasional, Marketing dan Sistem Informasi, [S.l.], v. 33, n. 1, p. 1-19, june 2025. ISSN 2615-8094. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/performance/article/view/14544>. Date accessed: 19 july 2025. doi: https://doi.org/10.32424/1.jp.2025.33.1.14544.
Section
Articles