Pelatihan Manajemen Akreditasi Sekolah di Kota Palangka Raya
Abstract
Kegiatan pelatihan manajemen akreditasi sekolah merupakan bagian dari respon terhadap keberlanjutan penilaian mutu pendidikan secara periodik, konsisten, dan terus menerus. Tujuan pelatihan adalah untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan terhadap akreditasi sekolah/madrasah. Subjek pelatihan ini adalah kepala sekolah, guru, serta tenaga kependidikan di SD Islam Hasanka Palangka Raya dan MTs Terpadu Berkah Palangka Raya. Pelakanaan pelatihan dilakukan secara klasikal secara tatap muka. Penyampaian materi juga difokuskan pada penilaian sekolah atau madrasah untuk memenuhi standar yang lebih substantif. berbasis IASP-2020 dan dibuat dengan fokus pada 4 (empat) komponen penilaian: kualitas lulusan, proses pembelajaran, kualitas guru, dan manajemen sekolah atau madrasah. Dengan pelatihan yang didapatkan, peserta dapat memahami materi pelatihan sesuai dengan kebutuhan persiapan akreditasi sekolah/madrasah, menambah wawasan peserta pelatihan terhadap akreditasi sekolah/madrasah. Dengan materi yang disampaikan peserta mampu menerapkan manajemen akreditasi sekolah dan mempersiapkan akreditasi sekolah berdasarkan tagihan instrumen penilaian akreditasi sekolah/madrasah, peserta juga antusias mengikuti pelatihan sehingga memerlukan kegiatan yang berkelanjutan
References
Asy’ari, H., Munawwaroh, Z., & Azmi, U. (2021). Analisis Pelaksanaan Akreditasi Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Pembangunan UIN Jakarta. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 5(2), Article 2. https://doi.org/10.47766/idarah.v5i2.124
Asy’ari, M., & Baysha, M. H. (2021). Pelatihan Virtual Meningkatkan Akreditasi Sekolah Terhadap Guru Pendidikan Dasar Dan Menengah. Pijar Mandiri Indonesia: Jurnal Pelatihan, Pengembangan, Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.36312/pmi.v1i2.29
Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), Article 1. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1156
Hasanah, E., Sukirman, S., Afriliandhi, C., & Wijayanto, A. (2021). Implementasi Akreditasi dalam Perspektif Guru dan Kepala Sekolah di Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Mandala Education 7(3).
Herianto, E., Rispawati, R., Dahlan, D., & Alqardi, B. (2019). Pelatihan Dan Pendampingan Tentang Persiapan Akreditasi Dan Dampaknya Bagi Kesiapannya Dalam Menyongsong Akreditasi. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.29303/jppm.v2i4.1568
I Gusti A. O. Y. (2020). Kiat Sukses Menyiapkan Akreditasi Sekolah. Jakarta: Guepedia.
Iskamto, D., Liyas, J. N., Gultom, E., Ansori, P. B., Harwina, Y., & Hendra, T. (2022). Pelaksanaan Proses Akreditasi Sekolah untuk menjaga kualitas Pendidikan Sekolah/Madrasah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.54099/jpma.v1i2.132
Khoiriyah, S., Nurmitasari, N., Khasanah, B. A., Qonita, S. H., Lestari, M., & Dewi, A. L. C. (2024). Pendampingan Pemetaan Kinerja Sekolah Muhammadiyah Berdasarkan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v8i2.7462
Kogoya, W., & Uruwaya, H. (2022). Pendampingan Penggunaan Iasp2020 Untuk Meningkatkan Kelayakan Akreditasi Sekolah Di Sma Yppk Asisi Sentani Tahun 2021. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.59818/jpm.v2i1.182
Prihantoro, A., & Setiawati, F. A. (2023). Keberhasilan Pendampingan Akreditasi Satuan PAUD Sejenis: Penelitian Kasus Tunggal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4007
Sarwati, A. (2022). Peningkatan Kompetensi Kepala Madrasah Dalam Menyiapkan Dokumen Akreditasi Madrasah Iasp 2020 Melalui Pembimbingan Intensif Terprogram (Pinter) Di Ma Nu Gesi Kabupaten Sragen. Manajerial : Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.51878/manajerial.v2i3.1558
Tundreng, S., & Halidin, H. (2023). Katalisasi Penjaminan Mutu Lulusan Berbasis Iasp 2020 Pada Satuan Pendidikan di Buton Tengah. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i1.122714

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.