Pelatihan Manajemen Akreditasi Sekolah di Kota Palangka Raya

  • Abdul Gofur IAIN Palangka Raya
  • Sapuadi Sapuadi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, IAIN Palangka Raya
  • Muzakki Muzakki Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, IAIN Palangka Raya
  • Muhammad Azhar Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, IAIN Palangka Raya

Abstract

Kegiatan pelatihan manajemen akreditasi sekolah merupakan bagian dari respon terhadap keberlanjutan penilaian mutu pendidikan secara periodik, konsisten, dan terus menerus. Tujuan pelatihan adalah untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan terhadap akreditasi sekolah/madrasah. Subjek pelatihan ini adalah kepala sekolah, guru, serta tenaga kependidikan di SD Islam Hasanka Palangka Raya dan MTs Terpadu Berkah Palangka Raya.  Pelakanaan pelatihan dilakukan secara klasikal secara tatap muka. Penyampaian materi juga difokuskan pada penilaian sekolah atau madrasah untuk memenuhi standar yang lebih substantif. berbasis IASP-2020 dan dibuat dengan fokus pada 4 (empat) komponen penilaian: kualitas lulusan, proses pembelajaran, kualitas guru, dan manajemen sekolah atau madrasah. Dengan pelatihan yang didapatkan, peserta dapat memahami materi pelatihan sesuai dengan kebutuhan persiapan akreditasi sekolah/madrasah, menambah wawasan peserta pelatihan terhadap akreditasi sekolah/madrasah. Dengan materi yang disampaikan peserta mampu menerapkan manajemen akreditasi sekolah dan mempersiapkan akreditasi sekolah berdasarkan tagihan instrumen penilaian akreditasi sekolah/madrasah, peserta juga antusias mengikuti  pelatihan sehingga memerlukan kegiatan yang berkelanjutan

References

Afridoni, A., Putra, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Manajemen Akreditasi Sekolah Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4402

Asy’ari, H., Munawwaroh, Z., & Azmi, U. (2021). Analisis Pelaksanaan Akreditasi Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Pembangunan UIN Jakarta. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 5(2), Article 2. https://doi.org/10.47766/idarah.v5i2.124

Asy’ari, M., & Baysha, M. H. (2021). Pelatihan Virtual Meningkatkan Akreditasi Sekolah Terhadap Guru Pendidikan Dasar Dan Menengah. Pijar Mandiri Indonesia: Jurnal Pelatihan, Pengembangan, Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.36312/pmi.v1i2.29

Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), Article 1. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1156

Hasanah, E., Sukirman, S., Afriliandhi, C., & Wijayanto, A. (2021). Implementasi Akreditasi dalam Perspektif Guru dan Kepala Sekolah di Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Mandala Education 7(3).

Herianto, E., Rispawati, R., Dahlan, D., & Alqardi, B. (2019). Pelatihan Dan Pendampingan Tentang Persiapan Akreditasi Dan Dampaknya Bagi Kesiapannya Dalam Menyongsong Akreditasi. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.29303/jppm.v2i4.1568

I Gusti A. O. Y. (2020). Kiat Sukses Menyiapkan Akreditasi Sekolah. Jakarta: Guepedia.
Iskamto, D., Liyas, J. N., Gultom, E., Ansori, P. B., Harwina, Y., & Hendra, T. (2022). Pelaksanaan Proses Akreditasi Sekolah untuk menjaga kualitas Pendidikan Sekolah/Madrasah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.54099/jpma.v1i2.132

Khoiriyah, S., Nurmitasari, N., Khasanah, B. A., Qonita, S. H., Lestari, M., & Dewi, A. L. C. (2024). Pendampingan Pemetaan Kinerja Sekolah Muhammadiyah Berdasarkan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v8i2.7462

Kogoya, W., & Uruwaya, H. (2022). Pendampingan Penggunaan Iasp2020 Untuk Meningkatkan Kelayakan Akreditasi Sekolah Di Sma Yppk Asisi Sentani Tahun 2021. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.59818/jpm.v2i1.182

Prihantoro, A., & Setiawati, F. A. (2023). Keberhasilan Pendampingan Akreditasi Satuan PAUD Sejenis: Penelitian Kasus Tunggal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4007

Sarwati, A. (2022). Peningkatan Kompetensi Kepala Madrasah Dalam Menyiapkan Dokumen Akreditasi Madrasah Iasp 2020 Melalui Pembimbingan Intensif Terprogram (Pinter) Di Ma Nu Gesi Kabupaten Sragen. Manajerial : Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.51878/manajerial.v2i3.1558

Tundreng, S., & Halidin, H. (2023). Katalisasi Penjaminan Mutu Lulusan Berbasis Iasp 2020 Pada Satuan Pendidikan di Buton Tengah. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i1.122714
Published
2024-06-29
How to Cite
GOFUR, Abdul et al. Pelatihan Manajemen Akreditasi Sekolah di Kota Palangka Raya. Pamasa : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 18-24, june 2024. ISSN 3025-115X. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/pamasa/article/view/8864>. Date accessed: 07 july 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.pamasa.2024.2.1.8864.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.