Pelatihan Pembuatan Buku Pancasila Berbasis Augmented Reality Pada Guru PAUD di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kota Palangka Raya
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan ini bertujuan ini mempersiapkan guru-guru PAUD di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kota Palangka Raya untuk menghadapi tantangan dari pesatnya kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam dunia pendidikan. Teknologi yang dikelola dengan baik akan menciptakan peluang baru dengan kreatif dan inovatif salah satunya yakni melalui media pembelajaran yang efektif. Salah satu solusi untuk menciptakan pembelajaran yang menarik, aktual, dan aplikatif untuk anak usia dini yakni dengan mengadaptasi teknologi augmented reality (AR) ke dalam pembelajaran. Untuk mendukung realisasi program pengabdian kepada masyarakat, maka metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode partisipatif berupa: pelatihan, kerja praktik dan pendampingan kepada mitra. Hasil dari pengabdian ini guru-guru dapat menyusun dan merancang sendiri materi Pancasila yang menarik dan aktual untuk anak usia dini yang dikemas dalam bentuk buku dan diintegrasikan dengan teknologi Augmented Reality. Guru-guru sebagai peserta pelatihan memberikan respon baik terhadap pelaksanaan pengabdian ini, guru-guru menyatakan sangat senang dan antusias memperoleh pengetahuan baru dari mulai menyusun materi Pancasila ke dalam buku hingga menggunakan teknologi augmented reality. Sebanyak 95,6% guru sangat setuju bahwa kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran yang menarik, aktual, dan aplikatif pada jenjang PAUD.
References
Fisk, P. (2017). Education 4.0 … the Future of Learning Will Be Dramatically Different, in School and throughout Life. (Dikutip 11 Februari 2022). Tersedia Online: http://www.thegeniusworks.com/2017/01/ future-education-young-everyone-taughttogether/.
Firman, N. (2020). PENDIDIKAN DAN PELATIHAN Konsep dan Implementasi dalam Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jakarta: LITBANGDIKLAT PRESS.
Hari, T.W. (2016). Siswa PAUD Dianiaya Anak TK Termasuk Kasus Restorasi Justice. Tempo. (Dikutip 10 Februari 2022). Tersedia Online: https://nasional.tempo.co/read/807864/siswa-paud-dianiaya-anak-tk-termasuk-kasus-restorasi-justice
Radu, I. (2012). Why should my students use AR? A comparative review of the educational impacts of augmented-reality. Mixed and Augmented Reality (ISMAR). In: IEEE International Symposium. p. 313-314.
Reni, A. (2012). Pola Pendampingan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Rumpun Tjoet Njak Dien Yogyakarta Bagi Pekerja Rumah Tangga Berbasis Hak Asasi Manusia. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sims, R.R. (2006) Human Resource Development: Today and Tomorrow. Greenwich: Information Age Publishing.
Veithzal, R & Ella, J.S. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.