Pelatihan Penelitian Tindakan Eksploratif pada Guru-Guru Bahasa pada Yayasan Annur-Buuts Palu
Abstract
Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini adalah meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan guru bahasa di Yayasan Annur Buuts Palu dalam melakukan penelitian yang relevan dengan tugas guru dalam memecahkan masalah dikelas dan meningkatkan profesionalisme mereka melalui Pelatihan mengenai Penelitian Tindakan Eksploratif (PTE). Pelatihan PTE telah dilakukan pada 20 Guru bahasa dari tiga madrasah dilingkungan Yayasan Annur Buuts. Melalui identifikasi dengan wawancara singkat dengan pada guru, selama menjadi guru, mereka belum pernah melakukan upaya riset dikelas dengan pendekatan riset berbasis kelas, seperti PTK. Hanya seorang guru saja yang mengetahui PTK, selebihnya dari mereka melakukan mengetahui penelitian eksperimen dan kualitatif lainya yang mereka lakukan ketika menempuh pendidikan ditingkat sarjana. Hasil pengamatan dan wawancara singkat dengan para guru menunjukan telah terjadi peningkatan pemahaman, pengatahuan, dan ketrampilan dalam melakukan riset sederhana dikelas dengan pendekatan PTE.
References
Borko, H., Jacobs, J. & Koelnerr, K. (2010). Contemporary Approaches to Teacher Professional Development. Dalam: Penelope, P., Eva, B. & Barry, M. (Eds.) International Encyclopedia of Education. Oxford: Elsevier.
Desimone, L. M. (2011). A primer on effective professional development. Phi Delta Kappan, 92, 68-71.
Kiely, R. & Davis, M. (2010). From transmission to transformation: Teacher learning in English for speakers of other languages. Language Teaching Research, 14, 277-295.
Mertler, C. A. (2009). Action research: Teachers as researchers in the classroom. New York: Sage.
Mukrim, Hastini, Zulirfan. (2021). English Teachers’ View on Research Engagement for Promotion Purpose. Proceedings, International Conference, on Teacher Training and Education, UNS – Surakarta, 25-26 August 2021.
Rebolledo, P., Bullock, D. & Smith, R (Eds). (2018). Champion Teachers Peru: Stories of Exploratory Action Research,London, British Council.
Smith, R., Connelly, T. & Rebolledo, P. (2014). Teacher-Research as Continuing Professional Development: A project with Chilean secondary school teachers. dalam: Hayes, D. (ed.) Innovations in the Continuing Professional Development of English Language Teachers. London: British Council.
Smith, R. (2015). Exploratory action research as workplan: why, what and where from? Dalam: Dikilitaş, K., Smith, R. & Trotman, W. (Eds.) Teacher-Researchers in Action. Faversham: IATEFL.
Smith, R. & Rebolledo Cortés, P. A. 2018. A Handbook for Exploratory Action Research, London, British Council.
Smith, R. (2020). Mentoring Teachers to Research Their Classrooms: A Practical Handbook. New Delhi: British Council.
Wedell, M & Malderez, A. (2013). Understanding language classroom context: The starting point for change. London: Bloomsbury.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.