KINERJA PELAYANAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA

  • Rahmat Nurjaman Universitas Cenderawasih
  • Nursan Saad RSUD Syech Yusuf Kabupaten Gowa

Abstract

Masyarakat merupakan pelanggan dari pelayanan publik memiliki kebutuhan dan harapan pada kinerja penyelenggara pelayanan publik yang professional.Tugas Pemerintah Pusat maupun Pemerintahan Daerah memberikan pelayanan publik yang mampu memuaskan masyarakat tertuang dalam  Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009.Penelitian ini bertujuaan untuk menganalisis dan menggambarkan kinerja pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Syekh Yusuf Kabupaten Gowa, dan mengetahui faktor faktor yang mempengaruhinya. Penelitian menggunakan desain deskriptif kualitatif. Informan diambil dari penentu kebijakan dan stakeholders dirumah sakit. Instrumen terdiri dari pendekatan wawancara dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa kinerja pelayanan dirumah sakit umum daerah Syekh Yusuf Kabupaten Gowa dilihat dari aspek dimensi responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas secara umum belum mencapai tingkat yang optimal. Faktor faktor yang mempengaruhi belum maksimalnya kinerja pelayanan pada rumah sakit Umum Daerah Syekh Yusuf Kabupaten Gowa meliputi faktor internal organisasi (sumber daya aparatur, kepemimpinan, fasilitas organisasi, dan prosedur kerja)   dan Faktor eksternal organisasi (Keuangan Daerah, kemampuan ekonomi masyarakat, dan nilai nilai sosial) tersebut belum memberikan dukungan Yang Optimal karena masih cenderung menampakkan diri sebagai kendala atau tantangan.

Published
2023-08-11
How to Cite
NURJAMAN, Rahmat; SAAD, Nursan. KINERJA PELAYANAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA. Medical and Health Journal, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 60-77, aug. 2023. ISSN 2807-3541. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/mhj/article/view/9439>. Date accessed: 23 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.mhj.2023.3.1.9439.
Section
Articles