Peningkatan Kemampuan Pemeliharaan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Siswa/i Tunarungu Di SLB B Yakut Purwokerto

  • Fitri Diah Oktadewi Universitas Jenderal Soedirman
  • ali taqwim Universitas Jenderal Soedirman
  • rinawati satrio Universitas Jenderal Soedirman
  • angger waspodo dias andrianto Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Siswa tunarungu memiliki keterbatasan fisik dalam mendengar dan umumnya diikuti oleh gangguan bicara.. Keterbatasan ini menjadi hambatan bagi penyandang tunarungu untuk memperoleh pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut yang nantinya akan menentukan sikap dan tindakan anak dalam menjaga kebersihan rongga mulutnya . SLB B Yakut Purwokerto merupakan sekolah untuk siswa tunarungu wicara yang terletak di daerah Kranji, Banyumas, Jawa Tengah. Kegiatan ini bertujuan dalam untuk meningkatkan kemampuan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pada siswa tunarungu di SLB B Yakut Purwokerto. Khalayak sasaran dalam kegiatan ini adalah siswa tunarungu SLB B Yakut Purwokerto berjumlah 74 siswa dari usia TK hingga SMA. Metode kegiatan ini berupa pemberian edukasi melalui demonstrasi sikat gigi dengan phantom gigi didampingi guru dan pemeriksaan gigi dan mulut. Pemeriksaan rongga mulut menunjukkan angka karies yang cukup tinggi. Hasil pemeriksaan rongga mulut akan diserahkan kepada pihak sekolah dan orang tua agar dapat ditindaklanjuti. 

Published
2025-05-06
How to Cite
OKTADEWI, Fitri Diah et al. Peningkatan Kemampuan Pemeliharaan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Siswa/i Tunarungu Di SLB B Yakut Purwokerto. Linggamas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 84-95, may 2025. ISSN 3024-8469. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/linggamas/article/view/13673>. Date accessed: 12 may 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.linggamas.2025.2.2.13673.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.