THE IMPACT OF DOUBLE BURDEN OF MALNUTRITION (STUNTING) ON THE LEARNING ACHIEVEMENT OF ELEMENTARY SCHOOL CHILDREN
Abstract
Stunting dapat memengaruhi perkembangan kognitif anak karena menghambat pertumbuhan sel-sel neuron pada otak. Kondisi tersebut dapat memengaruhi anak untuk mendapatkan prestasi belajar pada usia emas keduanya (usia sekolah dasar). Tujuan penulisan artikel ini untuk melihat hubungan kejadian stunting terhadap prestasi belajar anak usia dasar. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review dengan pencarian artikel dan jurnal melalui database google scholar dan PubMed. Kriteria inklusi yang digunakan untuk penulisan ini adalah referensi terakreditasi nasional maupun internasional yang sesuai topik bahasan dan dipublikasikan dalam periode 5 tahun terakhir. Ditemukan satu artikel yang menunjukkan tidak adanya hubungan antara stunting dan prestasi belajar siswa sekolah dasar. Sedangkan pada artikel lainnya ditemukan adanya hubungan dengan tingkat signifikansi yang beragam. Adanya hubungan antara stunting dan prestasi belajar siswa sekolah dasar pada artikel tersebut dibuktikan dengan analisis statistik. Dari hasil kajian dapat disimpulkan anak yang memiliki status gizi stunting cenderung memiliki prestasi belajar yang rendah jika dibandingkan dengan anak dengan status gizi normal. Perbedaan hasil disebabkan adanya faktor selain status gizi yang memengaruhi prestasi belajar anak.