PERSEPSI IMPLEMENTASI CITIZEN'S CHARTER PKD GADINGAN KABUPATEN SUKOHARJO TERHADAP INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT

  • Syamsulhuda Budi Mustofa
  • Antarini Antarini
  • Budiyono Budiyono
  • Sutopo Patria Jati

Abstract

Sesuai dengan peraturan Gubernur Jawa Tengah nomor 90 tahun 2005 tentang pelaksaaan Poliklinik Kesehatan Desa (PKD) Kabupaten/Kota Jawa Tengah, maka poskesdes Jawa Tengah menjadi  PKD. PKD diharapkan menjadi pusat kegiatan pembangunan kesehatan di desa sekaligus memberikan pelayanan kesehatan paripurna yang lebih dekat, relatif lebih murah, dengan mutu yang terjamin. Kabupaten Sukoharjo memiliki 136 PKD dengan jumlah desa sebanyak 128 desa di 54 kecamatandengan ratio 1 (satu) PKD per desa. Dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan kepada masyarakat/pasien, PKD Gadingan sebagai model PKD percontohan telah menerapkan Citizen’s Charter (CC) atau kontrak pelayanan yang merupakan suatu dokumen yang didalamnya diatur tentang hak-hak dan kewajiban-kewajiban yang melekat baik dalam diri providers maupun customer/client. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara karakteristik dan persepsi pasien terhadap implementasi citizen’s charter dengan indeks kepuasan masyarakat di PKD Gadingan sebagai PKD model percontohan Kabupaten Sukoharjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah populasi dilihat dari jumlah rata-rata kunjungan perbulan dalam 4 (empat) bulan terakhir di tahun 2009 yaitu bulan Januari-April dengan rata-rata pasien perbulan 676 pasien. Pengambilan sample dilakukan dengan teknik Accidental Sampling dengan jumlah sebesar 87 responden. Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) mengacu pada Surat Keputusan (SK) Menpan No.25/KEP/M.PAN/2/2004. Hasil penelitian didapatkan responden mempunyai persepsi yang sangat sesuai terhadap implementasi citizen’s charter sebesar 14,94%. Sedangkan mayoritas responden berpersepsi sesuai terhadap Implementasi citizen’s charter sebanyak 59 responden (67,82%). Masih terdapa responden yang menyatakan kurang sesuai yakni sebesar 15 responden (17,24%). Responden mempunyai persepsi yang baik terhadap Indeks Kepuasan Masyarakat sebesar 27 orang (31,03%). Mayoritas responden berpersepsi sangat baik tentang kepuasan yakni 58 responden (66,67%). Sedangkan 2 responden (2,30%) menyatakan kurang baik terhadap IKM. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi CC PKD terkait dengan IKM dan Indeks Kepuasan masyrakat terhadap implementasi Citizen’s Charter PKD dalam katagori sangat baik.

Published
2017-02-17
How to Cite
MUSTOFA, Syamsulhuda Budi et al. PERSEPSI IMPLEMENTASI CITIZEN'S CHARTER PKD GADINGAN KABUPATEN SUKOHARJO TERHADAP INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT. Kesmas Indonesia, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 61-73, feb. 2017. ISSN 2579-5414. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/kesmasindo/article/view/102>. Date accessed: 19 july 2024.