Analisis Framing Berita Jalan Trans Papua pada Juli 2016−2017
Abstrak
Pembangunan jalan Trans-Papua kembali dilanjutkan oleh Pemerintahan, hal Ini menarik perhatian media massa termasuk Kompas.com. Penelitian ini mengkonstruksi realitas yang dilakukan oleh Kompas.com periode Juli 2016-Juli 2017 dalam membingkai peristiwa pembangunan jalan Trans-Papua. Model analisis framing dari Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicky digunakan oleh peneliti untuk menganalisis berita yang telah dihimpun. Hasil dari analisis framing yang dilakukan oleh peneliti adalah pemberitaan Kompas.com tentang pembangunan jalan Trans-Papua didominasi oleh sumber dari pemerintah. Pemberitaan Kompas.com cenderung menggunakan sudut pandang pemerintah dalam meliput Papua.
Referensi
Eriyanto. (2005). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LKiS Eriyanto. (2011). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS.
Fauzi, A.C. (2007). Kabar-Kabar Kekerasan Dari Bali. Yogyakarta: LKiS.
Lim, M. (2012). The League of Thirteen: Media Concentration in Indonesia. Research report. Arizona: Participatory Media Lab at Arizona State University.
Margiantoro, H., & Syaefullah, A. (2012). Media Online Antara: Pembaca, Laba dan Etika, Problematika Praktik Jurnalisme Online Indonesia. Jakarta: Aliansi Jurnalis Independen Indonesia
McQuail, D. (2010). McQuail’s Mass Communication Theory (6th edition). London: SAGE Publications.
Nirwanto, G.D. (2016). Pembingkaian Berita Pro Kontra LGBT di Laman Topik Pilihan Kompas.com. Jurnal E-Komunikasi, 4(1), 1-12. Universitas Kristen Petra Surabaya.
Romli, K. (2016). Komunikasi Massa. Jakarta: Grasindo.
Saltford, J. (2003). The United Nations and the Indonesian Takeover of West Papua 1962-1969. London: Routledge.
Sobur, A. (2009). Analisis Teks Media: Suatu pengantar untuk Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Widjojo, M.S. (2009). Papua Road Map Negotiating the Past Improving the Present and Securing the Future (Ed). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.