Representasi Peran Ayah dalam Reality Show “The Return of Superman” (Analisis Semiotika John Fiske)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi peran ayah dalam reality show “the return of superman”. Tayangan reality show ini menghadirkan banyak interaksi antara ayah dan anak. Penelitian ini dianalisis menggunakan semiotika John Fiske dengan teori The Codes of Televisions. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga level menurut semiotika John Fiske yaitu realitas, representasi dan ideologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian yaitu tayangan reality show “the return of superman” episode 34. Hasil dari penelitian ini adalah adanya representasi peran ayah yang berbeda pada masyarakat Korea Selatan. Dimana ayah akan menjalankan tugasnya sebagai bawahan seperti mengerjakan tugas domestik dan mengurus anak.
References
Biagi, S.(2010). Media Impact : Pengantar Media Massa. Jakarta : Salemba Humanika.
Beynon, J (2002). Masculinities and Culture. Buckingham : Open University Press
Effendy, O.U. (2008), Dinamika Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Darwanto, S.S. (2007). Televisi Sebagai Media Pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Fakih, M. (2012). Analisis Gender dan Transfomasi Sosial : Cetakan ke empat belas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Fiske, J., (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi - Edisi Ketiga. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Fiske, J. (2018). Cultural and Communication Studies: Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra
Hasyim, N. (2020). Good Boys Doing Feminism: Maskulinitas dan Masa Depan Laki-Laki Baru. Yogyakarta. Buku Mojok Group
Morissan, M.A. (2010). Teory Komunikasi Massa. Bogor : Ghalia Indonesia
McQuail, D. (2011) Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar Edisi kedua, Jakarta :Penerbit Erlangga