Komunikasi Instruksional Dalam Pembelajaran Kesenian Karawitan di Sanggar Seni Bakal Darimu Purbalingga

  • Widsuya Arjun Valma Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed
  • Ch Herutomo Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed
  • Agoeng Noegroho Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed
  • Dwi Pangestuti Marhaeni Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Abstract

Kesenian karawitan menjadi salah satu kesenian paling diminati kalangan orang tua. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk bisa belajar karawitan, salah satu contohnya dengan belajar melalui sanggar seni yang menyediakan fasilitas untuk belajar karawitan. Sanggar seni “Bakal Darimu” di desa Bokol kabupaten Purbalingga, menjadi salah satu tempat yang memberikan pelatihan seputar kesenian bagi orang – orang yang berminat untuk mempelajari sebuah seni disana. sanggar seni “Bakal Darimu” tidak mengikat siapapun dari golongan manapun dan jenis kelamin apapun untuk ikut belajar disini. Dengan rentang usia yang berbeda, memerlukan pendekatan yang berbeda pula, tidak mungkin untuk mengajari orang tua disamakan caranya dengan mengajar anak – anak. Penulis memilih sanggar “Bakal Darimu”  karena tertarik dengan kelompok orang tua yang menjadi anggora sanggar seni “Bakal darimu” yang pada kenyataan bahwa orang tua di desa Bokol yang mayoritas menjadi murid disana, membuat penulis ingin mengetahui metode dalam penyampaian informasi terkait karawitan, serta strategi di dalam proses pembelajaran kesenian karawitan. Peneliti memilih pendekatan kualitatif sebagai dasar penelitian dan menggunakan komunikasi instruksional sebagai landasan teori. Adapun teori belajar yang dibawa dalam penelitian ini adalah, teori belajar sosial milik Albert Bandura

Author Biographies

Widsuya Arjun Valma, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Ch Herutomo, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Agoeng Noegroho, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Dwi Pangestuti Marhaeni, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

References

Absah, Siti. (2018). Komunikasi Instruksional Instruktur Pada Program Pelatihan Menjahit Pakaian di Balai Latihan Kerja (BLK) Pekanbaru. JOM FISIP Vol. 5 No. 2
Anggraini, Mutia. (2017). Komunikasi Instruksional Guru Dalam Proses Pembelajaran Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMKN2 Pekanbaru. JOM FISIP Vol. 4 No. 2
Azizah, Fairuz Uyun. Sofiah. Komunikasi Instruksional Lansia (Studi Deskriptif Kualitatif Pelaksanaan Komunikasi Instruksional Antara Pengajar dan Santri Lansia dalam Pembelajaran Al Quran dan Pengajian Umum di Pondok Pesantren Sepuh Payaman Magelang)
Bram, Palgundi. (2002). Serat Kandha Karawitan Jawi. Bandung: ITB
Bungin. M. Burhan. (2008). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana
Gunawan, Iman. (2015). Metode Penelitian Komunikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara
Kriyantono, Rachmat. (2007). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Kamus Pusat Bahasa. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional
Moleong, Lexy. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Okezone. (2017). https://news.okezone.com/read/2017/10/28/340/1804268/hari-sumpah-pemuda-si-gimbal-pemuda-yang-percaya-desa-bisa-jadi-tempat-berkarya. Diakses pada 23 Januari 2020
Pawit, M. Yusup. (2010). Komunikasi Instruksional (Teori dan Praktik). Jakarta: Bumi Aksara
Sari, Novita. (2017). Komunikasi Instruksional Pelatih Kesenian Tambua Rasa di Sanggar Bengkel Seni Budaya Pekanbaru. JOM FISIP Vol. 4 No. 2
Satori. Djam’an & Komariah. Aan. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Suhartono, Suparlan. (2007). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Turintyka, Devi Ari. (2013). Strategi komunikasi instruksional pengajar di yayasan rumah belajar keluarga anak langit dalam mendidik anak jalanan di kota Tangerang. Skripsi
Published
2022-12-11
How to Cite
VALMA, Widsuya Arjun et al. Komunikasi Instruksional Dalam Pembelajaran Kesenian Karawitan di Sanggar Seni Bakal Darimu Purbalingga. JOMIK : Jurnal Online Mahasiswa Ilmu Komunikasi (ISSN 2797-1023), [S.l.], v. 2, n. 02, p. 55 - 62, dec. 2022. ISSN 2797-1023. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/jomik/article/view/4801>. Date accessed: 23 may 2024. doi: https://doi.org/10.20884/jomik.v2i02.4801.