Pemilihan Lokasi Terbaik Pemasangan Billboard Untuk Media Promosi Program Studi Menggunakan Metode ELECTRE II
Abstract
Dalam upaya meningkatkan visibilitas dan daya tarik Program Studi Teknik Industri Unsoed, pemilihan lokasi pemasangan billboard menjadi aspek penting dalam strategi promosi. Lokasi yang strategis perlu dianalisas secara objektif dengan mempertimbangkan beberapa kriteria, seperti biaya, ukuran billboard, kepadatan lalu lintas, durasi lampu lalu lintas, dan jarak ke pusat kota. Pemilihan ini bertujuan menentukan lokasi terbaik untuk pemasangan billboard promosi di wilayah Purwokerto menggunakan metode Electre II. Metode ini melibatkan normaliasai data, pembobotan kriteria, serta analisis nilai concordance dan discordance untuk memperoleh peringkat alternatif lokasi. Hasil analisis menunjukan bahwa Simpang 4 Srimaya merupakan lokasi paling optimal dengan skor tertinggi, ditunjang kepadatan lalu lintas tinggi (150 kendaraan per menit) dan rata-rata durasi lampu lalu lintas yang lama (125 detik). Lokasi potensial lainnya adalah simpanng 4 Klenteng SKJ dan Simpang 4 GOR Satria. Temuan ini memberikan rekomendasi strategis dalam pemilihan lokasi iklan luar ruang yang efektif dan eisien untuk promosi program studi kepada calon mahasiswa.