Analisis Kelayakan Usaha Pada Clothing Line SmileEveryday
Abstract
SmileEveryday adalah usaha clothing line yang akan hadir di jl. Lembaga Permasyarakatan, Pekanbaru, dengan menawarkan produk fashion berkualitas premium dan harga terjangkau untuk target pasar generasi muda berusia 16-27 tahun. Usaha ini dinilai layak berdasarkan aspek teknis karena lokasi yang strategis, padat penduduk dengan rentang usia yang sesuai target pasar, serta fasilitas yang memadai, seperti tempat parkir yang luas dan penyewaan tempat yang terjangkau. Selain itu, bangunan yang digunakan dalam kondisi baik, mendukung kelancaran operasional. Dari sisi pasar, produk SmileEveryday dirancang dengan bahan yang nyaman, tidak panas, dan dapat memberikan rasa percaya diri bagi konsumen. Produk ini juga menawarkan keunggulan harga yang kompetitif dengan kualitas yang premium dibandingkan brand lain. Dalam aspek pemasaran, usaha ini akan menerapkan strategi persaingan pasar dengan analisis SWOT untuk menarik dan mempertahankan konsumen. Dari sisi finansial, harga jual per pcs baju sebesar Rp104.000 dengan laba 30%, BEP unit 152 dan BEP Rupiah Rp1.031.849. NPV yang diperoleh sebesar Rp4.538.355, IRR 8%, lebih tinggi dari tingkat suku bunga 7%, menunjukkan potensi keuntungan yang baik. Selain itu, BCR 1,01 dan NBCR 1,04 menunjukkan kelayakan finansial usaha ini. Dengan payback period (PBP) yang diperkirakan dalam 1,5 tahun atau 17 bulan, usaha ini berpotensi untuk mengembalikan investasi dalam waktu relatif singkat, menegaskan bahwa SmileEveryday layak untuk dijalankan.