MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN MELALUI DIGITAL CONTENT MARKETING DAN TRANSFORMASI DIGITAL PADA UMKM MAKANAN DI BANYUMAS

  • Larisa Pradisti
  • Chandra Suparno
  • Lusi Suwandari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital content marketing dan transformasi digital terhadap kinerja pemasaran UMKM makanan di Banyumas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 78 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunkan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan analisis  regresi linier berganda menunjukkan bahwa kinerja pemasaran dapat ditingkatkan oleh variabel transformasi digital dan variabel digital marketing capability dan digital transformation merupakan variabel yang memiliki pengaruh paling besar terhadap kinerja pemasaran. Hal ini bearti bahwa semakin meningkatnya kemampuan UMKM dalam transformasi digital maka akan meningkatkan kinerjanya, disisi lain kinerja pemasaran UMKM juga dapat ditingkatkan oleh factor lain yaitu digital marketing capability. Kemampuan UMKM dalam trasnformasi digital dapat meningkatkan produktivitas, meningkatkan kemampuan berinovasi, meningkatkan jumlah konsumen baru, serta dapat menghadapi persaingan pada era digital ini. Implikasi teoritis atau the body of knoweledge yang dapat dibangun dari penelitian ini adalah dapat membuktikan bahwa dalam konteks UMKM terdapat dua factor yang dapat meningkatkan kinerja pemasaranya yaitu Transformasi Digital dan Digital Marketing Capability.

Published
2024-03-31
How to Cite
PRADISTI, Larisa; SUPARNO, Chandra; SUWANDARI, Lusi. MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN MELALUI DIGITAL CONTENT MARKETING DAN TRANSFORMASI DIGITAL PADA UMKM MAKANAN DI BANYUMAS. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, [S.l.], v. 26, n. 1, p. 49-58, mar. 2024. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/jeba/article/view/11975>. Date accessed: 23 may 2025. doi: https://doi.org/10.32424/jeba.v26i1.11975.