PENGARUH NATURAL & ARTIFICIAL ATTRACTION TERHADAP VISIT INTENTION DIMODERASI OLEH TOURIST PERSONALITY (EXTRAVERSION)

  • Fahdan Atsar Muhammad
  • Joni Prayogi

Abstract

Penelitian berjudul “Pengaruh Natural dan Artificial Attraction terhadap Visit Intention Dimoderasi oleh Tourist Personality”. bertujuan untuk mengetahui pengaruh natural dan artificial attraction terhadap visit intention dimoderasi oleh tourist personality. Sampel pada penelitian ini berjumlah 116 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan Moderated Regession Anaysis (MRA) diolah dengan software SPSS menunjukkan bahwa: (1) Natural Attraction berpengaruh positif terhadap Visit Intention (2) Artificial Attraction berpengaruh positif terhadap Visit Intention (3) Tourist Personality memoderasi pengaruh Artificial Attraction terhadap Visit Intention (4) Tourist Personality tidak memoderasi pengaruh Artificial Attraction terhadap Visit Intention. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi para pengelola destinasi wisata, terutama pengelola destinasi wisata alam dalam upaya meningkatkan niat kunjung dari para wisatawan melalui kegiatan mempertahankan tingkat kealamiahan dari suatu destinasi maupun menambah beberapa atraksi buatan.

Published
2024-03-31
How to Cite
MUHAMMAD, Fahdan Atsar; PRAYOGI, Joni. PENGARUH NATURAL & ARTIFICIAL ATTRACTION TERHADAP VISIT INTENTION DIMODERASI OLEH TOURIST PERSONALITY (EXTRAVERSION). Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, [S.l.], v. 26, n. 1, p. 35-48, mar. 2024. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/jeba/article/view/11742>. Date accessed: 23 may 2025. doi: https://doi.org/10.32424/jeba.v26i1.11742.