PENGARUH PENGETAHUAN DAN SOSIALISASI TERHADAP MINAT INVESTASI YANG DIMODERASI MOTIVASI INVESTASI
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan investasi terhadap minat investasi; pengaruh sosialisasi investasi terhadap minat investasi; menganalisis motivasi investasi memperkuat pengaruh pengetahuan investasi terhadap minat investasi; serta menganalisis motivasi investasi memperkuat pengaruh sosialisasi investasi terhadap minat investasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang dilakukan pada 79 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria mahasiswa Strata satu Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang telah mengikuti mata kuliah pasar modal. Analisis data menggunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis regresi moderasi, uji kelayakan model, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan investasi berpengaruh positif terhadap minat investasi; sosialisasi investasi berpengaruh positif terhadap minat investasi; motivasi investasi tidak memperkuat pengaruh pengetahuan investasi terhadap minat investasi; serta motivasi investasi tidak memperkuat pengaruh sosialisasi investasi terhadap minat investasi.