STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN JASA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN

  • Tiyan Fatkhurrokhman Universitas Muhammadiyah Gombong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah konsumen pada CV. Mutiara Tour. Jenis penelitian yang dilakukan adalah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dalam penelitian ini juga menggunakan metode pengujian dengan Analisis SWOT. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa CV. Mutiara Tour pada posisi kuadran I yang memiliki kekuatan internal sebesar 2,22, kelemahan 1,41, peluang 1,95, dan memiliki ancaman sebesar 1,59, hal tersebut merupakan situasi yang menguntungkan. CV. Mutiara Tour memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy).

Published
2023-09-30
How to Cite
FATKHURROKHMAN, Tiyan. STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN JASA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, [S.l.], v. 25, n. 3, p. 60-72, sep. 2023. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/jeba/article/view/11601>. Date accessed: 26 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.32424/jeba.v25i3.11601.