STRATEGI YANG MENDORONG MAHASISWA BERWIRAUSAHA DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Studi ini menggali faktor-faktor yang mendorong mahasiswa berwirausaha di masa pandemi Covid-19 beserta strategi yang diterapkan dalam bisnis mereka dengan menggunakan penelitian kualitatif. Mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman menjadi informan pada penelitian ini. Hal ini dilatarbelakangi dengan alasan bahwa mahasiswa merupakan seorang yang memiliki tanggung jawab akademik, tetapi beberapa dari mereka memutuskan untuk membangun bisnis yang berpotensi memecah fokus mereka. Di samping itu, mahasiswa merupakan agen perubahan yang diharapkan mampu berkontribusi terhadap peningkatan kualitas bangsa, salah satunya dalam bidang ekonomi. Wawancara langsung kepada empat informan dilakukan sebagai proses pengumpulan data yang selanjutnya dilakukan proses triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa niat merupakan faktor utama yang mendorong mahasiswa berwirausaha. Niat itu sendiri dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan eksternal. Strategi bisnis yang diulas pada studi ini mengacu pada karakteristik wirausaha, keunggulan kompetitif, serta analisis SWOT. Studi ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang memulai usaha di masa pandemi Covid-19 telah memiliki karakteristik wirausaha. Strategi bisnis berupa keunggulan kompeititf juga telah diterapkan dalam bisnis mereka. Adapun analisis SWOT yang dibahas pada penelitian ini merupakan hasil dari analisis faktor pendorong berwirausaha yang kemudian dibagi menjadi empat kategori yang membentuk analisis SWOT, yaitu kategori kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.