PERAN MEDIASI BRAND TRUST PADA PENGARUH PRODUCT KNOWLEDGE DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA UNTUK KULIAH DI UNIVERSITAS PERADABAN

  • Umar Seno Bayu Aji Universitas Jenderal Soedirman
  • Siti Zulaikha Wulandari Universitas Jenderal Soedirman
  • Nur Choirul Afif Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh product knowledge, brand trust, brand image terhadap keputusan mahasiswa. Menganalisis pengaruh brand image terhadap keputusan mahasiswa untuk kuliah di Universitas Peradaban yang dimediasi brand trust. Subyek yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Peradaban Bumiayu tahun 2021. Teknik pengambilan sampling dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik probability sampling yaitu proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel 96 orang. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan sobel test. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa product knowledge, brand trust dan brand image mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa. Brand trust dapat memediasi pengaruh brand image terhadap mahasiswa untuk kuliah di Universitas Peradaban. Artinya keputusan mahasiswa untuk kuliah di Universitas Peradaban dapat ditingkatkan secara tidak langsung melalui brand trust.


Peningkatan product knowledge dapat dicapai dengan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang peringkat akreditasi semua program studi di Universitas Peradaban, pengetahuan tentang program studi yang ditawarkan Universitas Peradaban, pengetahuan tentang besarnya biaya pendidikan didasarkan atas jumlah SKS yang di tempuh sangat terjangkau, pengetahuan tentang Universitas Peradaban menitik beratkan pada pendidikan kehidupan akademik yang berlandaskan nilai-nilai islami, pengetahuan tentang lulusan Universitas Peradaban puas dengan pelayanan pendidikan yang diberikan . Perbaikan brand trust dapat dicapai dengan memperhatikan tingkat keyakinan masyarakat terhadap Universitas peradaban mewujudkan cita-cita, yakin Universitas Peradaban memudahkan untuk mendapat pekerjaan, percaya Universitas Peradaban perguruan tinggi sewasta yang handal. Perbaikan brand image dapat dicapai dengan memperhatikan kualitas tenaga pengajar Universitas Peradaban, keunikan kehidupan akademik Universitas Peradaban yang berbeda dengan PTS sejenis lainnya, lulusan Universitas Peradaban mampu memberikan konstribusi yang positif pada masyarakat, rekomendasi dari berbagai perusahaan sebagai tenaga kerja mereka dan merasa lebih percaya diri ketika kuliah di Universitas Peradaban.

Published
2022-09-30
How to Cite
AJI, Umar Seno Bayu; WULANDARI, Siti Zulaikha; AFIF, Nur Choirul. PERAN MEDIASI BRAND TRUST PADA PENGARUH PRODUCT KNOWLEDGE DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA UNTUK KULIAH DI UNIVERSITAS PERADABAN. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, [S.l.], v. 24, n. 3, p. 19-29, sep. 2022. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/jeba/article/view/11579>. Date accessed: 26 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.32424/jeba.v24i3.11579.