PENGARUH KUALITAS PELAYANAN MEDIS, PENUNJANG MEDIS, NON MEDIS, SIMRS (PASIEN) TERHADAP KEPUASAN PASIEN RSGMP UNSOED

  • Stephanie Dewi Anggraini Universitas Jenderal Soedirman
  • Suliyanto Suliyanto Universitas Jenderal Soedirman
  • Nendyah Roestijawati Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Pelayanan Rumah Sakit Gigi dan Mulut merupakan sarana pelayanan kesehatan khusus yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan gigi dan mulut untuk pelayanan pengobatan dan pemulihan tanpa mengabaikan pelayanan pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan yang dilaksanakan melalui pelayanan rawat jalan, gawat darurat dan pelayanan tindakan medis, sehingga memiliki karakteristik dalam melakukan pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan medis, kualitas pelayanan penunjang medis, kualitas pelayanan non medis dan penggunaan SIMRS pasien terhadap kepuasan pasien pelayanan kesehatan gigi. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif yang dilaksanakan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Unsoed Purwokerto. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis statistik regresi untuk membuktikan hipotesis yang dijelaskan secara deskriptif. Hasilnya membuktikan bahwa kualitas pelayanan medis dan kualitas pelayanan non medis memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pasien, sedangkan kualitas pelayanan penunjang medis dan penggunaan SIMRS (Pasien) memiliki pengaruh negatif dengan demikian dapat disimpulkan yaitu masih rendahnya kepuasan pasien RSGMP Unsoed disebabkan karena pelayanan penunjang medis yang menurut penilaian pasien cenderung menambah beban yang disebabkan pasien harus mengeluarkan biaya pemeriksaan gigi dan mulut yang lebih besar. Ketidakpuasan pasien dapat disebabkan disebabkan penggunaan SIMRS (Pasien) yang belum optimal dan tambahan biaya pemeriksaan kesehatan gigi yang mahal dari penambahan pelayanan penunjang medis. Kedepan sangat menarik untuk mengetahui faktor lain yang mempengaruhi kepuasan pasien, sehingga perlu diteliti yang lebih detail lagi terkait variabel-variabel lain yang diduga memengaruhi kepuasan pasien RSGMP Unsoed.

Published
2022-03-31
How to Cite
ANGGRAINI, Stephanie Dewi; SULIYANTO, Suliyanto; ROESTIJAWATI, Nendyah. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN MEDIS, PENUNJANG MEDIS, NON MEDIS, SIMRS (PASIEN) TERHADAP KEPUASAN PASIEN RSGMP UNSOED. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, [S.l.], v. 24, n. 1, p. 28-46, mar. 2022. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/jeba/article/view/11568>. Date accessed: 23 may 2025. doi: https://doi.org/10.32424/jeba.v24i1.11568.