DETEKSI DINI PRADIABETIK SEBAGAI LANGKAH AWAL PENCEGAHAN DIABETES MELITUS DI MASYARAKAT PERUMAHAN BUKIT KALIBAGOR INDAH, KECAMATAN KALIBAGOR, KABUPATEN BANYUMAS

  • wahyudin wahyudin universitas jenderal soedirman
  • Rizak Tiara Yusan Universitas Jenderal Soedirman
  • Koernia Nanda Pratama Universitas Jenderal Soedirman
  • Arfi Nurul Hidayah Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Deteksi dini pradiabetik merupakan salah satu cara untuk menekan tingginya angka kejadian diabetes yang setiap tahun mengalami peningkatan. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengetahui kondisi gula darah sejak awal warga yang tinggal di perumahan bukit kalibagor indah. Jika kondisinya adalah pradiabetik, maka warga dapat merubah pola kehidupannya menjadi lebih sehat, sehingga kondisi pradiabetik yang dialami tidak berkembang menjadi diabetik. Metode yang digunakan adalah memeriksa gula darah puasa (GDP) warga. Pemeriksaan GDP bekerjasama dengan kader posbindu, ketua RT, tokoh masyarakat dan takmir mesjid yang dilaksanakan pada pagi hari. Selanjutnya dilakukan penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan warga terkait dengan pradiabetik, diabetik, komplikasi, manajemen stress pradiabetik dan diabetik, serta penyuluhan terkait dengan olahraga kaki pada diabetes. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa dari 105 warga yang memeriksa GDP, diperoleh hasil bahwa yang mengalami pradiabetik adalah sebanyak 43 %. Jumlah yang tidak sedikit tentunya, mengingat banyak warga yang takut memeriksakan GDP, sehingga hanya sejumlah 105 warga yang memeriksa GDP. Pelaksanaan penyuluhan menunjukkan peningkatan pengetahuan warga terhadap materi penyuluhan yang diberikan dengan nilai p< 0.05. pengetahuan tentang pradiabetik diharapkan akan menjadi modal untuk merubah pola hidup yang lebih sehat.


 


Key word: pradiabetik, deteksi dini, gula darah puasa (GDP)

Published
2023-01-31
How to Cite
WAHYUDIN, wahyudin et al. DETEKSI DINI PRADIABETIK SEBAGAI LANGKAH AWAL PENCEGAHAN DIABETES MELITUS DI MASYARAKAT PERUMAHAN BUKIT KALIBAGOR INDAH, KECAMATAN KALIBAGOR, KABUPATEN BANYUMAS. Jurnal of Community Health Development, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 21-29, jan. 2023. ISSN 2723-2050. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/jchd/article/view/7012>. Date accessed: 20 may 2024.