Comparison of Factors that Influence Customer Loyalty in Sharia and Conventional Banks The Influence of Bank Reputation and Customer Value

Main Article Content

Julina Julina Saipul Al Sukri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas nasabah pada bank syariah dan konvensional. Variabel bebas yang diteliti adalah reputasi bank dan nilai pelanggan. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan diolah menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa reputasi perusahaan berpengaruh positif dan signifikan untuk nasabah bank syariah, namun untuk nasabah bank konvensional pengaruh reputasi perusahaan terhadap loyalitas nasabah ditemukan positif tetapi tidak signifikan. Selanjutnya, nilai pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah baik pada nasabah bank syariah maupun konvensional. Kontribusi reputasi perusahaan dan nilai pelanggan pada bank konvensional menunjukkan persentase yang lebih tinggi dibandingkan pada bank syariah.

Article Details

How to Cite
JULINA, Julina; AL SUKRI, Saipul. Comparison of Factors that Influence Customer Loyalty in Sharia and Conventional Banks. Indonesian Journal of Islamic Business and Economics (IJIBE), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 137-150, sep. 2023. ISSN 2722-8002. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/ijibe/article/view/3283>. Date accessed: 24 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.32424/1.ijibe.2023.5.2.3283.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.