Pembelajaran Diferensiasi Unggah-Ungguh Sapa Aruh Melalui Media Sinar: Implementasi Pendidikan Khas Kejogjaan (PKJ)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah memaparkan pembelajaran diferensiasi unggah-ungguh sapa aruh melalui media sinar sebagai implementasi Pendidikan Khas Kejogjaan (PKJ) di SMP Negeri 1 Sleman. Metode kualitatif deskriptif digunakan sebagai tahapan langkah dalam penelitian ini. Data-data dalam penelitian dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman, yaitu dengan langkah 1) data dikumpulkan, 2) data direduksi, 3) data disajikan, dan 4) data disimpulkan. Informan meliputi kepala sekolah, guru, dan juga siswa. Hasil penelitian ini adalah Media SINAR dirancang untuk mengakomodasi perbedaan gaya belajar siswa, memungkinkan pendekatan yang lebih inklusif dan berorientasi pada kebutuhan masing-masing siswa. Dalam penerapan ini, Google Sites berfungsi sebagai sarana penyampaian materi, contoh, dan interaksi melalui fitur-fitur multimedia yang memudahkan siswa untuk mengakses dan mempraktikkan konsep unggah-ungguh sapa aruh.
References
Prasadityo, B. R, Lidyasari A.T, & Ramadhansyah, A. A. , “Penanaman Karakter Kearifan Lokal Melalui Implementasi Pendidikan Khas Kejogjaan (PKJ) di SD Negeri Jetisharjo”, Social, Humanities, and Educational Studies, SHEs: Conference Series 7 (3), 2024, 320 – 327 https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/91566/46281
Sutarsih, “Balai Bahasa Jawa Tengah, Sapa Aruh: Strategi Pemersatu Bangsa dan Pemerkaya Bahasa”, Magister Linguistik PPs UNDIP Semarang, 6 Mei 2010 file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/91566-261650-1-SM.pdf
Faizah. L. N. & Fathurrahman. Moh, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Google Sites Pada Pembelajaran Ipas Di Sekolah Dasar”,Jurnal Sekolah Pgsd Fip Unimed, Vol 8 (2) Maret 2024, Hal 288 – 295 https://www.researchgate.net/publication/379616418_PEMANFAATAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_BERDIFERENSIASI_BERBASIS_GOOGLE_SITES_PADA_PEMBELAJARAN_IPAS_DI_SEKOLAH_DASAR
Halimatusyadiah, H. (2023). Manfaat Website Media Interaktif Melalui Google Sites Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. 92–108.
Nurmanita, M, “Efektivitas Pembelajaran Pancasila Berbasis Google Sites Berbantuan Quizizz untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa”, Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(1), 2022, 137. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i1.644
Wahyuni, E., Nefilinda, N., & Suryani, A. I, “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites di SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu”, LaGeografia, 21(1), 2022, 80. https://doi.org/10.35580/lageografia.v21i1.36079
Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D”, Bandung: Alfabeta, 2013
Miles. M. B, Huberman. A.M, & Saldana.J, “Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3”, USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press, 2014
Ichsan. A. S & Samsudin, “Penanaman Pendidikan Karakter Anak Dalam Stuktur Sosial Keluarga Desa Di Yogyakarta”, Jurnal Basicedu, Volume 3 Nomor 2 Tahun 2019 Halaman 515-523, https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/34/33
Dwijonagoro. S, “NGAJENI: best practice PKJ (Pendidikan Khas Kejogjaan)”, 2023, https://www.youtube.com/watch?v=
Fatonah. D.U. & Nurhayati. Endang. “Tindak Tutur Kearifan Lokal Yogyakarta Pada Film-Film Pendek Di Kanal Youtube Paniradya Kaistimewan”, Widyaparwa, Vol. 52, No. 1, Juni 2024, https://doi.org/10.26499/wdprw.v52i1.1706
Widyastuti, S. H., & Hartanto, D. D, “Pendidikan Karakter dalam Perspektif Keyogyakartaan”, JURNAL IKADBUDI, 12(1), 2023, 1–17. https://doi.org/10.21831/ikadbudi.v12i1.64369
Lestari. W. D, Sulaksono. Djoko, & Waluyo. Budi, “Strategi Pembelajaran Unggah-Ungguh Bahasa Jawa Pada Generasi Milenial Sebagai Upaya Pemertahanan Nilai Budi Pekerti”, Jurnal Diwangkara, Februari 2022. file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/strategi-pembelajaran-unggah-ungguh-bahasa-jawa-pada-generasi-milenial-sebagai-upaya-pemertahanan-nilai-budi-pekerti.pdf
Lutfia. Dewi, “Penggunaan Aplikasi Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Pembelajaran Ipas”, Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH). Vol. 2, No. 1, Februari 2023, hlm. 93-118. https://jurnal.widyahumaniora.org/
Purwanto. “Instrument Sosial danPendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar Rofika Sari, S., Kurnia, I. & Laila, A. (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Website Berbasis Google Sites Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Nilai-Nilai Pancasila.” EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 2022, 774–785. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.542

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Journal of Language Education Studies and Applied Linguistics (JoLESAL) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.