Interferensi Bahasa Jawa dalam Pembelajaran Informal Berbahasa Indonesia: Kajian Pemerolehan Bahasa Kedua
Abstract
Interferensi bahasa ibu (L1) dalam kompetensi berkomunikasi menggunakan bahasa kedua (L2) merupakan fenomena yang kerap ditemukan dalam proses pemerolehan bahasa kedua oleh anak-anak. Fenomena interferensi L1 terjadi dalam berbagai tingkat satuan lingual yang disebabkan oleh berbagai pengaruh faktor L1 yang telah diterima anak sejak lahir. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji interferensi bahasa Jawa sebagai L1 oleh anak-anak berusia enam sampai delapan tahun dalam pembelajaran informal berbahasa Indonesia sebagai L2. Selain mengidentifikasi interferensi bentuk-bentuk lingualnya, penelitian ini juga menganalisis pola interferensi L1 berdasarkan fungsi pragmatik tuturan selama proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengkaji ujaran verbal anak-anak selama proses komunikasi berbahasa Indonesia sebagai bagian dari proses pemerolehan L2 di Rumah Bimbingan Belajar Basantara, Wonosobo. Hasil identifikasi menunjukkan bahwa sebagian besar interferensi L1 merupakan merupakan bentuk satuan lingual di bawah klausa. Dalam proses komunikasinya, berbagai interferensi L1 yang dituturkan berhubungan dengan empat jenis tindak tutur utama yakni fatis, verdiktif, ekspresif, dan direktif. Penggunaan interferensi bahasa Jawa dalam proses pembelajaran umumnya dipengaruhi oleh minimnya perbendaharaan partikel dan leksem L2, kebiasaan penggunaan L1, dan kebiasaan penggunaan tingkat kebahasaan (unggah-ungguh) dalam bahasa Jawa.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Journal of Language Education Studies and Applied Linguistics (JoLESAL) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.