EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19: SEBUAH TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIS
Tinjauan Literatur Sistematis
Abstract
Komunikasi yang efektif sangat penting untuk keberhasilan pengajar dan peserta didik termasuk dalam kegiatan pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan tinjauan sistematis yang berusaha memeriksa efektivitas komunikasi dalam kegiatan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), penelitian dilaksanakan dengan menganalisis literatur-literatur yang telah diterbitkan dalam artikel jurnal ilmiah pada periode Januari tahun 2020 sampai dengan tahun September tahun 2021. Melalui proses ektraksi dengan ketentuan inklusi dan eksklusi, peneliti berhasil menentukan delapan literatur (5%) dari total 169 literatur yang relevan untuk membahas efektivitas komunikasi dalam kegiatan pembelajaran daring. Hasil tinjauan sistematis menunjukan bahwa, pengajar masih dianggap sebagai sosok yang menentukan efektifitas komunikasi pada kegiatan belajar-mengajar daring dan salah satu upaya untuk meningkatkan efektivitas komunikasi adalah menyadari hambatan dalam proses komunikasi dan mengeliminasinya. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa teori efektivitas komunikasi juga masih belum mencakup variabel dan indikator yang dapat digunakan untuk mengukur efektivitas komunikasi.