ANALISIS SEMIOTIKA DALAM PRESS RELEASE

(REKOMENDASI KASN ATAS PEROMBAKAB PEJABAT DKI JAKARTA)

  • Rully Viersa Budiman London School of Public Relation Jakarta
  • Sekar Puspita Program Studi Bisnis Komunikasi London School of Public Relation
  • Whitney Kenny Pangkey Program Studi Bisnis Komunikasi London School of Public Relation

Abstract

Press release adalah informasi yang dibuat dan disusun oleh Humas di suatu industry, organisasi ataupun lembaga dengan tujuan memberikan informasi kepada publik melalui media massa/surat kabar baik online maupun offline. Hal ini menjadikan press release sebagai suatu media dalam penyampaian informasi oleh suatu badan tertentu. Pada pelaksanaan kinerja lembaga pemerintah Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dalam mengawasi pelaksanaan penugasan dan pencabutan pejabat DKI Jakarta, KASN mengeluarkan press release terkait beberapa catatan dan rekomendasi hasil evaluasi yang menimbulkan konotasi bahwa KASN telah berpolitik. Pada sisi lain Pemerintah DKI menganggap press release adalah cara yang tidak tepat untuk menyampaikan informasi tersebut. Untuk melihat bagaimana signifikansi KASN dalam memanfaatkan press release, penelitian dilakukan menggunakan Model Analisis Semiotika Roland Barthes dalam menggali fenomena ini. Studi menemukan adanya ketidaksesuaian pada konotasi yang berkembang bahwa KASN dianggap telah berpolitik.

Published
2022-05-23
How to Cite
BUDIMAN, Rully Viersa; PUSPITA, Sekar; PANGKEY, Whitney Kenny. ANALISIS SEMIOTIKA DALAM PRESS RELEASE. Widya Komunika, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 77-88, may 2022. ISSN 2686-1968. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/5533>. Date accessed: 27 nov. 2022. doi: https://doi.org/10.20884/1.wk.2022.12.1.5533.