Social Media Analytics Isu Covid-19 Varian Omicron di Media Sosial Twitter

  • Suluh Gembyeng Ciptadi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila
  • Alfath Marzuki Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Abstract

Pada akhir tahun 2021, di tengah situasi pandemi covid-19 yang dianggap sudah membaik, muncul varian baru virus corona, yaitu varian omicron. Pertengahan bulan Desember 2021, virus omicron dinyatakan sudah masuk Indonesia. Diskursus terkait virus ini mulai ramai diperbincangkan di media massa maupun media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isu covid-19 varian omicron yang terjadi di media sosial twitter pada periode tanggal 16 hingga 31 Desember 2021. Dengan menggunakan konsep Social Media Analytics (SMA), penelitian ini menggali data tweet dan menganalisis berdasarkan tagar yang muncul, akun yang banyak memposting dan mendapat re-tweet, serta akun yang paling banyak disebut (mentioned) dalam perbincangan isu varian omicron. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tweet dari akun media @cnnindonesia dan akun presiden @jokowi menjadi akun yang paling banyak mendapat re-tweet terkait isu varian omicron. Sementara akun pejabat dan lembaga negara, seperti @erickthohir, @jokowi, @kemenkesri, dan @kemenbumn mendominasi akun yang paling sering disebut (mentioned) oleh pengguna twitter. Selain itu, dalam isu varian omicron, beberapa tagar yang yang muncul antara lain #ayovaksin70persen, #omicron, dan #waspadatanpapanik.

Published
2022-05-23
How to Cite
CIPTADI, Suluh Gembyeng; MARZUKI, Alfath. Social Media Analytics Isu Covid-19 Varian Omicron di Media Sosial Twitter. Widya Komunika, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 1-14, may 2022. ISSN 2686-1968. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/5326>. Date accessed: 27 nov. 2022. doi: https://doi.org/10.20884/1.wk.2022.12.1.5326.