PEMBINGKAIAN BERITA VAKSIN NUSANTARA DI MEDIA ONLINE

(Studi Deskriptif Analisis Framing Model Robert N Entman Pemberitaan Terkait Vaksin Nusantara di Tempo.co dan Suara.com Periode 1 Februari 2021 – 30 Juni 2021)

  • Aditya Priyatna Darmawan Universitas Sebelas Maret

Abstract

Pada awal tahun 2021, terdapat pemberitaan mengenai Vaksin Nusantara, dalam hal ini masih dalam proses penelitian untuk menyempurnakan vaksin tersebut. Beberapa kantor media khususnya media digital memberitakan Vaksin Nusantara tersebut, seperti Tempo.co dan Suara.com. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana framing atau pembingkaian berita yang dimunculkan oleh Tempo.co dan Suara.com. Model analisis yang digunakan yaitu model Robert N Entman. Model analisis framing oleh Robert N Entman mempunyai 4 elemen atau tahap. Keempat elemen tersebut yaitu Define Problems (Pendefinisian masalah), Diagnose Causes (Perkiraan Penyebab Masalah), Make Moral Judgement (Membuat pilihan moral), dan Treatment Recommendation (Menekankan penyelesaian masalah).


Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini yaitu pada elemen Define Problems, Tempo.co menonjolkan rasa tidak setuju dengan Vaksin Nusantara tersebut. Sedangkan Suara.com condong mendukung vaksin tersebut. Pada elemen Diagnose Causes, Tempo.co menjelaskan bahwa Vaksin Nusantara menimbulkan kontroversi di masyarakat luas. Sedangkan Suara.com memberitakan hal-hal positif yang menjadikan vaksin tersebut patut untuk didukung. Pada elemen Make Moral Judgement, Tempo.co menyampaikan nilai moral bahwa sejak awal penlitian Vaksin Nusantara tersebut saja sudah banyak masalah. Sedangkan Suara.com memberikan nilai moral seharusnya sebagai warga Negara Indonesia, bangga terhadap Vaksin Nusantara yang merupakan hasil karya anak bangsa. Pada elemen Treatment Recommendation, Tempo.co sering menyuarakan sebaiknya Vaksin Nusantara dihentikan saja. Sedangkan Suara.com menyuarakan untuk selalu mendukung Vaksin Nusantara.


Kata Kunci: Vaksin Nusantara, Tempo.co, Suara.com, Framing

Published
2022-05-23
How to Cite
DARMAWAN, Aditya Priyatna. PEMBINGKAIAN BERITA VAKSIN NUSANTARA DI MEDIA ONLINE. Widya Komunika, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 66-76, may 2022. ISSN 2686-1968. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/5278>. Date accessed: 27 nov. 2022. doi: https://doi.org/10.20884/1.wk.2022.12.1.5278.