KOMUNIKASI DALAM DIALEKTIKA RELASIONAL PADA PASANGAN JARAK JAUH BEDA KEWARGANEGARAAN

  • Florensia Vania Yosiano Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini membahas tentang komunikasi dalam dialektika yang melibatkan komunikasi interpersonal antarbudaya pada pasangan jarak jauh beda kewarganegaraan. Peneliti tertarik dengan dialektika pasangan LDR beda kewarganegaraan karena pasangan memiliki tantangan untuk menyatukan cara berpikir dan berkomunikasi dengan baik dengan adanya perbedaan latar belakang budaya. Teori yang digunakan ada tiga, yaitu (1) Komunikasi Interpersonal, (2) Komunikasi Antarbudaya, dan (3) Dialektika Relasional. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi sebagai metode penelitian. Wawancara penelitian dilakukan kepada tiga pasangan LDR, yaitu pasangan Indonesia-United Kingdom, Indonesia-India, dan Indonesia-Brazil.


Temuan data yang didapat dari penelitian ini adalah ketiga pasangan memiliki komunikasi yang baik dalam hubungan masing-masing dan saling menghargai perbedaan budaya. Ketiga pasangan mengatakan bahwa tentu ada argument, tetapi dapat diselesaikan dengan baik dan cepat, karena komunikasi menjadi kunci utama mereka dalam berhubungan. Melalui hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ketiga pasangan  tidak menjadikan perbedaan kewarganegaraan sebagai hal yang menghambat hubungan dan keterbukaan, kejujuran, serta saling memahami dan menghargai satu sama lain membuat hubungan menjadi lebih baik dan adanya jarak tidak membuat hubungan menjadi membosankan, justru sebaliknya.

Published
2021-11-04
How to Cite
YOSIANO, Florensia Vania. KOMUNIKASI DALAM DIALEKTIKA RELASIONAL PADA PASANGAN JARAK JAUH BEDA KEWARGANEGARAAN. Widya Komunika, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 1-12, nov. 2021. ISSN 2686-1968. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/4882>. Date accessed: 24 jan. 2022. doi: https://doi.org/10.20884/1.wk.2021.12.2.4882.