Penerapan Nilai-Nilai Multikulturalisme dan Kearifan Lokal pada Website Pemerintah Daerah Kabupaten Subang

  • Ine Putri Anggraini Universitas Subang

Abstract

Pemanfaatan media sosial ini dapat digunakan sebagai penyebaran informasi dan sumber belajar masyarakat. Pemerintah daerah saat ini telah menggunakan media komunikasi daring sebagai alat utama dalam mensosialisasikan program dan progress kegiatan pembangunannya. Pemilihan media komunikasi pembangunan berbasis online sangat tepat saat ini digunakan, mengingat pengguna internet di Indonesia tahun 2018 sudah sangat masif dan menyentuh juga hingga ke pedesaan.


Kearifan lokal secara epistemologi terdiri dari dua kata yaitu kearifan (wisdom) yang berarti kebijaksanaan dan lokal (local) berarti setempat. Local wisdom dipahami sebagai gagasan-gagasan, nilai-nilai, pandangan-pandangan setempat yang bersifat bijaksana, penuh kearifan, bernilai baik, yang tertanam dan diikuti oleh anggota masyarakatnya.


Penelitian mengunakan pendekatan kualitatif , dengan pengambilan informan secara purposive, yaitu pengelola  Website pemerintah Kabupaten Subang yaitu Diskominfo. Kesimpulan dari penelitian ini Pemerintah Kabupaten Subang kurang maksimal dalam upaya menyosialisasikan program JAWARA kepada masyarakat terutama dalam mengkaitkan dengan kegiatan kegiatan yang berdekatan dengan budaya masyarakat Subang, melalui Website pemerintah daerah, terlihat hanya sosialisasi secara langsung yang menjadi andalan dari Pemerintah Kabupaten Subang.

Published
2021-11-04
How to Cite
ANGGRAINI, Ine Putri. Penerapan Nilai-Nilai Multikulturalisme dan Kearifan Lokal pada Website Pemerintah Daerah Kabupaten Subang. Widya Komunika, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 80-92, nov. 2021. ISSN 2686-1968. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/4864>. Date accessed: 24 jan. 2022. doi: https://doi.org/10.20884/1.wk.2021.12.2.4864.