PERSEPSI KARYAWAN MENGENAI PERAN PUBLIC RELATIONS DI PERUSAHAAN MOBIL

  • Safira Pramestiwi Other Public University

Abstract

Pentingnya peran PR di sebuah organisasi atau perusahaan untuk melakukan hal teknis hingga manajerial, dalam menjalankan perannya ke eksternal maupun internal perusahaan. Tidak adanya divisi khusus PR di PT Bestindo Car Utama, dan perannya dijalankan oleh customer relations officer dan marketing communications, menyebabkan fokus perusahaan yang hanya menjalin hubungan dan menciptakan citra positif publik eksternal perusahaan, sehingga karyawan di ruang lingkup perusahaan pun memiliki persepsi yang kurang baik terhadap peran PR perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor dalam diri pemersepsi, faktor dalam diri target, dan faktor situasi dari karyawan di PT Bestindo Car Utama mengenai peran PR perusahaan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket, wawancara, observasi, serta studi literatur, dengan populasi ialah karyawan PT Bestindo Car Utama. Data yang terkumpul pada penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi karyawan mengenai peran PR di PT Bestindo Car Utama ditinjau dari faktor dalam diri pemersepsi adalah positif, dari faktor dalam diri target adalah positif, dan dari faktor situasi adalah positif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah persepsi karyawan mengenai peran PR di PT Bestindo Car Utama adalah positif.

Published
2021-11-04
How to Cite
PRAMESTIWI, Safira. PERSEPSI KARYAWAN MENGENAI PERAN PUBLIC RELATIONS DI PERUSAHAAN MOBIL. Widya Komunika, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 58-79, nov. 2021. ISSN 2686-1968. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/4586>. Date accessed: 24 jan. 2022. doi: https://doi.org/10.20884/1.wk.2021.12.2.4586.