LITERASI MEDIA DIGITAL MEMBUKA WAWASAN IBU-IBU RUMAH TANGGA
Abstract
Khalayak sasaran dari literasi media digital mencakup berbagai lapisan dalam masyarakat, baik anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang tua. Dari segi usia pun tidak mengenal batas. Namun yang menarik adalah khalayak dari kalangan ibu-ibu rumah tangga. Penelitian ini mengambil subyek penelitian ibu-ibu Rumah Tangga. Ibu-ibu rumah tangga dipilih sebagai subyek penelitian karena mereka adalah tonggak atau pilar dalam sebuah rumah tangga. Apabila pilar itu kokoh, maka kokoh pula rumah tangga tersebut. Dengan demikian, apabila kita ingin membangun generasi yang kuat dan tangguh, maka di mulai dari rumah tangga. Rumah tangga yang Tangguh diawali dari ibu-ibu yang Tangguh pula. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui wawasan Ibu-Ibu Rumah Tangga desa Karang Anom mengenai konten-konten yang ada di smartphone atau gadget, dan memberikan pengetahuan literasi media digital kepada Ibu-Ibu Rumah tangga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara, focus group discussion (FGD), dan dokumentasi. Hasil penelitian  menunjukkan dimana ibu-ibu rumah tangga yang sebelumnya tingkat literasi media masih rendah, kemudian diberikan wawasan pengetahuan berupa pelatihan dan sosialisasi literasi media digital. Ada tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk dapat mencapai hasil literasi yang diinginkan.
Â
