HUBUNGAN ANTARA INFORMASI PADA AKUN INSTAGRAM @PASARCIKAPUNDUNGBARANGLAWAS DENGAN MINAT FOLLOW ERS UNTUK BERKUNJUNG

  • Ryan Dwi Destyadi Universitas Padjadjaran
  • Uud Wahyudin Universitas Padjadjaran
  • Dedi Rumawan Erlandia Universitas Padjadjaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara valensi (valance) dan bobot (weight) informasi pada akun instagram @pasarcikapundungbaranglawas dengan tingkat perhatian, ketertarikan, dan keinginan followers aktif dalam melahirkan minat berkunjung ke Pasar Seni dan Antik Cikapundung, Bandung. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan studi korelasional. Populasi penelitian ini berjumlah 151 orang. Jumlah sampel yakni sebanyak 109 responden yang ditarik dengan menggunakan teknik penarikan sampel acak sederhana (simple random sampling). Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan koefisien korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara informasi pada akun instagram @pasarcikapundungbaranglawas dengan minat followers aktif untuk berkunjung ke Pasar Seni dan Antik Cikapundung. Kemudian, terdapat hubungan yang signifikan antara valensi informasi pada akun instagram @pasarcikapundungbaranglawas dengan tingkat perhatian, ketertarikan, dan keinginan followers aktif untuk berkunjung. Serta, terdapat hubungan yang signifikan bobot informasi pada akun instagram @pasarcikapundungbaranglawas dengan tingkat perhatian, ketertarikan, dan keinginan followers aktif untuk berkunjung.

Author Biographies

Uud Wahyudin, Universitas Padjadjaran

Ryan Dwi Destyadi dan Uud Wahyudi adalah akademisi Universitas Padjadjaran yang beralamat di Jalan Raya Bandung - Sumedang KM.21 Jatinangor 45365. Email: ryandwidestyadi@gmail.com

Dedi Rumawan Erlandia, Universitas Padjadjaran

Ryan Dwi Destyadi dan Uud Wahyudi adalah akademisi Universitas Padjadjaran yang beralamat di Jalan Raya Bandung - Sumedang KM.21 Jatinangor 45365. Email: ryandwidestyadi@gmail.com

Published
2020-06-03
How to Cite
DESTYADI, Ryan Dwi; WAHYUDIN, Uud; ERLANDIA, Dedi Rumawan. HUBUNGAN ANTARA INFORMASI PADA AKUN INSTAGRAM @PASARCIKAPUNDUNGBARANGLAWAS DENGAN MINAT FOLLOW ERS UNTUK BERKUNJUNG. Widya Komunika, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 94-118, june 2020. ISSN 2686-1968. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/2745>. Date accessed: 19 sep. 2020.