Kendala dalam pelayanan lembaga kepada publik akademik di SLB Negeri A Kota Bandung

  • Amida Windari Fitria Universitas Padjadjaran
  • Hanny Hafiar Universitas Padjadjaran
  • Centurion C Priyatna Universitas Padjadjaran

Abstract

Sekolah Luar Biasa Negeri A (SLBN A) Kota Bandung, merupakan salah satu lembaga pendidikan
khusus bagi siswa dengan hambatan penglihatan. Terdapat banyak publik akademis yang
melakukan berbagai aktivitas di lembaga ini, meliputi: penelitian, pengabdian maupun program
PPL, PKL, dan PPG. Tingginya kualitas kegiatan yang dilakukan oleh publik akademis
menimbulkan kendala tersendiri yang dihadapi pihak sekolah. Oleh karena itu penelitian ini
berupaya untuk memetakan kendala yang dihadapi dalam pelayanan publik akademik oleh SLBN
A Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi
dan studi literatur. Adapun key informan dipilih dengan menggunakan teknik purposif. Hasilnya
menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi pada komunikasi dalam pelayanan publik akademik
terdiri dari: kendala pengaturan waktu; Pengadaan dan pensosialisasian materi;
Pengkoordinasian; Pengkondisian Situasi. Oleh karena itu diharapkan lembaga dapat mulai
membuat panduan pelayanan teknis berupa pedoman pengenalan ketunanetraan yang dapat
dipelajari publik akademis sebelum memulai aktivitasnya di lingkungan lembaga. Selain itu perlu
pula dirumuskan tentang tata tertib aktivitas di lingkungan SLBN A Kota Bandung, sebagai
panduan yang dapat dijadikan patokan oleh publik akademis dalam melakukan aktivitasnya agar
tidak menimbulkan masalah baru.

Published
2019-12-25
How to Cite
FITRIA, Amida Windari; HAFIAR, Hanny; PRIYATNA, Centurion C. Kendala dalam pelayanan lembaga kepada publik akademik di SLB Negeri A Kota Bandung. Widya Komunika, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 24-41, dec. 2019. ISSN 2686-1968. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/2226>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.wk.2019.9.2.2226.