STRATEGI NATION BRAND SEBAGAI PROMOSI PARIWISATA INDONESIA
Analisis Semiotika Video Wonderful Indonesia versi The Journey of The World
Abstract
ariwisata menjadi salah satu sektor prioritas nasional, untuk itu pemerintah berupaya
mengoptimalkan promosi destinasi wisata dengan cara national branding melalui Video
Wonderful Indonesia versi The Journey of The World. Video tersebut menceritakan tentang
kebudayaan, keindahan alam, dan petualangan wisatawan di Indonesia dan telah memperoleh
beragam perhargaan dunia. Mempromosikan suatu negara tidak lepas dari identitas negara, maka
penelitian ini ingin membahas Strategi Brand Nation sebagai Promosi Pariwisata Indonesia
dengan menggunakan pendekatan semiotika dari Video Wonderful Indonesia versi The Journey of
The World. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dalam paradigma
konstruktivis dengan analisis semiotika Charles Sanders Pierce. Objek Penelitian adalah video
Wonderful Indonesia versi The Journey of The World. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di
dalam video Wonderful Indonesia versi The Journey of The World menampilkan aspek budaya
(culture), alam (nature), dan jelajah (adventure). Perpaduan ketiganya digarap melalui visualisasi
video yang menampilkan pleasure tourism, leisure tourism, dan discovery tourism. Simbol-simbol
yang ditampilkan dalam video seperti pengunaan batik dan kemaritiman menjadi tanda identitas
nasional sekaligus strategi nation brand dalam mempromosikan pariwisata Indonesia.