PERKEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF MURID MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERVARIASI DI TK (TAMAN KANAK-KANAK) PERTIWI KARANGWANGKAL

  • Maharrani Dwi Kusumaningsih Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang metode pembelajaran yang digunakan di
Taman Kanak-Kanak (TK) Pertiwi Karangwangkal, Purwokerto Utara. Berdasarkan deskripsi
tersebut diperoleh adanya pengaruh metode pembelajaran yang digunakan terhadap keberhasilan
perkembangan kemampuan kognitif murid di TK tersebut. Subjek penelitian adalah guru dan
murid di TK Pertiwi Karangwangkal. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan untuk mengetahui
perkembangan kemampuan kognitif adalah bercerita, bernyanyi, bermain, berdiskusi, outing
class. Dari beberapa metode pembelajaran yang digunakan tersebut, yang paling sering
digunakan oleh pengajar atau guru di TK Pertiwi Karangwangkal sebagai upaya untuk
mengetahui keberhasilan perkembangan kognitif muridnya adalah metode bercerita dan
bernyanyi. Metode tersebut ternyata memiliki pengaruh terhadap proses perkembangan
kemampuan kognitif muridnya, dari yang belum memahami materi pembelajaran menjadi lebih
mudah memahami materinya. Adapun kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan metode
pembelajaran tersebut meliputi kurangnya konsentrasi pada beberapa murid pada saat proses
pembelajaran.

Author Biography

Maharrani Dwi Kusumaningsih, Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Jenderal Soedirman

Maharrani Dwi Kusumaningsih Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Jenderal Soedirman, Email: maharranikusuma@gmail.com

How to Cite
KUSUMANINGSIH, Maharrani Dwi. PERKEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF MURID MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERVARIASI DI TK (TAMAN KANAK-KANAK) PERTIWI KARANGWANGKAL. Widya Komunika, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 26-33, may 2018. ISSN 2686-1968. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/wk/article/view/1098>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.wk.2016.6.1.1098.